Sehari, 42 Kali Gempa di Tanggamus

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Gempa bumi tektonik kembali terjadi di Tanggamus. Sejak pukul 22.11 WIB, Rabu (30/6) hingga pukul 20.40 WIB, Kamis (1/7), terjadi puluhan kali gempa. Kekuatannya bervariasi, dari 1,6 magnitudo hingga 4,6 magnitudo.

Sekretaris BPBD Tanggamus Iwan Juniato mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki parameter dengan magnitudo M=4,0 episenter (pusat gempa bumi) 5,57 LS-104,64 BT atau tepatnya berada di laut pada jarak 10 Km Barat Daya Tanggamus-Lampung dengan kedalaman satu kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat sesar lokal Semangko Barat,” kata Iwan mengutip rilis dari BMKG Lampung.

Baca Juga:   BUMN Bantu Sulap Wisma Haji Rajabasa Jadi RS Darurat Covid-19

Dilanjutkan Iwan, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan di kawasan Kotaagung II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

“Hingga sore pukul 16.00 WIB sudah terjadi 42 guncangan di titik yang sama. Ditambah tiga kali guncangan saat malam hari. Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tegas Iwan. (ehl/rnn/ais)




  • Bagikan