Sekkab Lamtim Tamggapi Pro-kontra Alih Tugas Pejabat Fungsional Menjadi Camat

  • Bagikan
Sekretaris Kabupaten Lamtim M. Jusuf

Radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Lampung Timur memastikan alih tugas (rolling) pejabat eselon III dan IV telah sesuai prosudur.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lamtim M. Jusuf menuturkan, rolling yang dilaksanakan pada Rabu (8/9), memang terdapat 1 kepala sekolah dan 2 kepala Puskesmas yang dialihtugaskan sebagai Camat.


Menurutnya, sesuai peraturan perundangan yang berlaku, 3 pejabat fungsional tersebut dapat dialihtugaskan menjadi pejabat struktural dalam jabatan yang sesuai golongan kepangkatannya. Di mana, berdasarkan golongan dan kepangkatan, 3 pejabat fungsional tersebut dapat dialihtugaskan sebagai pejabat struktural eselon III dalam hal ini Camat.

Selain itu, sebagai kepala sekolah dan kepala Puskesmas mereka memiliki kemampuan di bidang managemen dalam mengelola satuan kerja yang dipimpinnya.

Baca Juga:   Lamtim Juara Pertama Lomba TTG Nasional

Pertimbangan lain, untuk kepala sekolah yang dialihtugaskan sebagai camat juga atas aspirasi warga setempat, yang menginginkan dipimpin oleh pejabat yang berdomisili di wilayah kerjanya.

“Penempatan pejabat juga disesuaikan dengan kebutuhan organisasi,” terang M. Jusuf di ruang kerjanya, Kamis (9/9).

Ia menambahkan, para pejabat eselon III dan IV termasuk para camat yang telah dilantik akan dievaluasi kinerjanya secara periodik. “Bila memang dari hasil evaluasi kinerjanya tidak baik, akan ganti dengan pejabat yang lebih baik,” imbuh M. Jusuf.

Sebelumnya, Kebijakan Bupati Lampung Timur mengalih tugaskan sejumlah pejabat eselon III dan IV mendapar kritisi kalangan dewan. Anggota Fraksi PKS DPRD Lamtim Nur Fauzan menjelaskan, Fraksi PKS mengapresiasi kebijakan bupati dalam penataan dan pengelolaan pemerintahan.

Baca Juga:   Lamtim Masuk Level 2 PPKM, Operasi Yustisi Berlanjut

Namun, lanjut Nur Fauzan, seharusnya penataan pegawai yang dilaksanakan tidak merubah peran dan fungsi abdi negara sebagai pejabat fungsional dan struktural. Sebagaimana yang dilaksanakan pada penataan 87 pejabat eselon III dan IV yang dilaksanakan, Rabu (8/9) lalu. (wid/sur)




  • Bagikan