Sekolah Diminta Konsen Isi Data PDSS

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Bagi siswa yang ingin masuk Perguruan Tinggi (PT) melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN), pihak sekolah harus segera mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang dijadwalkan pada 4 – 25 Januari 2019.

Hal tersebut disampaikan Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Bujang Rahman melalui Humas Penerima Mahasiswa Baru (PMB) Unila M. Komarudin.

Menurut Komar, pengisian data tersebut dapat dilakukan melalui laman www.pdss.snmptn.ac.id. “Saya meminta sekolah untuk konsen terhadap hal ini, sebab PDSS merupakan syarat utama yang harus dilakukan agar dapat mengikuti SNMPTN 2019,” katanya kepada radarlampung.co.id, Selasa (8/1).

Diketahui, PDSS merupakan basis data yang berisi rekam jejak sekolah dan prestasi akademik siswa. Setiap siswa yang mengikuti SNMPTN harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), serta mengisi data prestasi.

Baca Juga:   Unila Buka Tele-Edukasi untuk Pendampingan Pasien Covid-19

Sedangkan siswa yang berhak mengikuti SNMPTN harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), berprestasi akademik, dan terdaftar di PDSS. Sementara itu, pendaftaran SNMPTN akan dimulai pada 4-14 Februari 2019. Sedangkan hasil seleksi diumumkan pada 23 Maret 2019.

“Segala informasi tentang penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN, dapat diakses melalui www.snmptn.ac.id dan kami berharap masyarakat serta sekolah dapat melihatnya dengan saksama,” tandasnya.

Ia juga menambahkan, di tahun ini pemeringkatan siswa SNMPTN akan dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Lembaga resmi dari Kemenristekdikti ini bertugas untuk menjalankan seleksi SNMPTN dan SBMPTN. Sedangkan Seleksi Mandiri tetap dilakukan oleh masing-masing PTN.

“Mereka nantinya akan memeringkatkan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran. Berdasarkan pemeringkatan prestasi akademik ini, siswa yang memenuhi syarat diizinkan untuk mendaftar SNMPTN 2019 sesuai akreditasi sekolah,” pungkasnya. (apr/kyd)




  • Bagikan