Sekolah Ini Manfaatkan Limbah Plastik Jadi Paving Block

  • Bagikan
foto SMPN 33 for radarlampung.co.id

Radarlampung.co.id – SMPN 33 Bandarlampung di Jalan Kamboja No. 26, Enggal, berhasil mengubah limbah plastik menjadi produk bernilai ekonomis.

Limbah plastik yang sebelumnya merupakan sumber masalah bagi sebagian orang karena dianggap mencemari lingkungan, kini disulap sejumlah siswa sekolah menjadi paving block bernilai tinggi.


Ide menyulap limbah plastik menjadi paving block, bermula melihat tumpukan limbah plastik berserakan di sekitar sekolah. Bermodalkan peralatan sederhana, kini limbah tersebut tidak lagi mencemari lingkungan.

Kepala sekolah setempat Muhammad Yusri mengungkapkan, ide pembuatan paving block dilakukan secara spontan atau tanpa direncanakan terlebih dahulu oleh pihaknya.

Namun, atas pertimbangan dan musyawarah sivitas akademika sekolah, pembuatan paving block berbahan baku limbah plastik, berhasil dicoba dengan melibatkan sejumlah siswanya.

Baca Juga:   Bupati Sujadi Ingatkan Prioritas Keselamatan Guru dan Siswa

“Mengenai hasilnya (paving block) memang belum terlalu baik, namun sudah cukup lumayan untuk pemula. Kami akan terus menyempurnakan hasilnya,” ujarnya kepada Radarlampung.co.id, Selasa (2/4).

Adapun proses pembuatan menurut dia, limbah plastik yang telah ditakar terlebih dahulu dilelelehkan menggunakan kuali yang telah dipanaskan hingga mencair, selanjutnya lelehan dimasukkan ke tatakan alat pencetak.

Kemudian, lelehan dibiarkan beberapa waktu hingga mengering, barulah dikeluarkan dari alat pencetak. “Setelah dikeluarkan, paving block yang dihasilkan bentuknya sama seperti terbuat dari pasir dan semen,” katanya.

Menurutnya, kreativitas yang dilakukan sekolah tidak untuk dikomersialkan, melainkan hanya memfasilitasi siswa dalam menyalurkan minat, bakat, dan kemampuan di bidang ekstrakurikuler.

“Kreativitas pembuatan paving block berbahan limbah plastik ini bukan untuk mencari keuntungan, tetapi sebagai wahana siswa dalam melatih kemampuan berfikir,” tandasnya. (apr/kyd)




  • Bagikan