Sekolah-Media Simbiosis Mutualisme

  • Bagikan
Kepala Disdikbud Lampung Sulpakar menandatangi naskah perjanjian kerja sama dengan PWI Lampung di auditorium Dinas Kesehatan Lampung, Senin (21/1). Foto IST

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Sulpaka mengatakan, peran Kehumasan satuan pendidikan sangat dibutuhkan dalam menerjemahkan dan merangkum setiap agenda serta kebijakan sekolah.

“Sekolah merupakan fasilitas masyarakat dalam memperoleh pendidikan. Sudah tentu, pihak sekolah harus mampu memberikan informasi secara terbuka khususnya mengenai perkembangan pendidikan. Untuk menyajikan hal tersebut, peran kehumasan harus dijalankan dengan baik,” katanya saat membuka pendidikan dan pelatihan Kehumasan bagi tenaga kependidikan SMA/SMK se-Lampung, di auditorium Dinas Kesehatan Lampung, Senin (21/1).

Menurutnya, peran humas satuan pendidikan tak hanya merancang informasi, melainkan juga mampu membangun sinergisitas dengan media massa yang ada di Lampung. Media massa merupakan mitra kerja strategis dalam menyampaikan informasi ke khalayak ramai.

Baca Juga:   EF Lampung Gulirkan Pesta Diskon Paket Kursus

“Sekolah dalam kegiatan sehari-harinya banyak berhubungan dengan berbagai pihak. Salah satu pihak yang mempunyai simbiosis mutualisme adalah media. Untuk itu, humas dapat menjalin komunikasi yang baik dengan media dalam hal menyampaikan informasi secara meluas,” ujarnya.

Sekretaris MKKS SMK Lampung Moh Edy Harjito menambahkan, era revolusi industri 4.0 merupakan tantangan bagi semua pihak, tidak terkecuali bagi satuan pendidikan. Di era tersebut, informasi akan semakin cepat, sehingga satuan pendidikan penting memiliki ilmu komunikasi dan jurnalistik yang baik.

“Dengan diadakannya diklat kehumasan di bimbing PWI Lampung yang dimulai hari ini, tentu menjadi sarana pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia sekolah. Bila ilmu kehumasan telah dikuasai, maka tantangan zaman dapat diadaptasikan,” tambahnya. (apr/kyd)




  • Bagikan