Sektor Pertanian Penopang Pertumbuhan Ekonomi

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pembangunan di Kabupaten Mesuji di sektor pertanian memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam memajukan perekonomian masyarakat.

Sektor pertanian bukan hanya berperan menyediakan bahan pangan, tetapi juga menjadi penopang pertumbuhan ekonomi Kabupaten Mesuji.


Hal tersebut disampaikan Bupati Mesuji Saply TH saat menghadiri Panen Raya Padi di Desa Tanjung Mas Rejo Kecamatan Mesuji Timur, Senin (6/9).

Menurut Saply, hal ini selaras dengan Misi ketiga yakni meningkatkan Pembangunan Ekonomi melalui pemberdayaan masyarakat yang berbasis pada potensi dan kearifan lokal.

“Ini demi terwujudnya Mesuji yang Sejahtera, aman dan berkeadilan,” ungkap Saply.

Dia menjelaskan, petani di Mesuji, harus bisa sejahtera melalui peningkatan kapasitas kemampuan para petani dalam hal pengelolaan sawahnya. Sebab, Pemerintah Kabupaten Mesuji akan memberikan dukungan baik dari segi sarana maupun prasarana.

Baca Juga:   540 Peserta Ikuti Tes PPPK Guru di Mesuji

“Makanya, para petani bisa memanfaatkan secara maksimal sarana dan prasarana yang disediakan oleh Pemerintah, berupa alat dan mesin pertanian, agar dapat bermanfaat bagi petani secara umum dan menyeluruh,” ujarnya.

Saply berharap, Panen Raya ini bisa diikuti oleh Desa lainnya. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan beras di Kabupaten Mesuji. Bahkan menjadi pemasok bagi daerah lain. Hal ini tentu akan sangat luar biasa.

“Saya berharap Panen raya ini dapat kita lakukan secara Konsisten dan terus meningkat. Peningkatan Produksi berbanding lurus dengan Kesejahteraan. Kami Pemerintah Kabupaten Mesuji juga selalu berupaya untuk menjaga stabilitas harga gabah. Jadi ayo, kita bersama-sama berusaha dan bekerja keras agar Kabupaten Mesuji dapat menjadi Kabupaten yang ber-Swasembada beras,” Jelasnya.

Baca Juga:   Cek Produk UMKM, Bupati Mesuji Tinjau Rest Area

Untuk Diketahui, Panen raya ini, dilaksanakan pada lahan persawahan seluas 360 hektare dengan target perolehan panen 4-5 ton Gabah Kering Panen (GKP) per hektare.

Turut mendampingi pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji Pariman, dan Camat Mesuji Timur Tarbin Putra. (muk/yud)




  • Bagikan