Sektor Pertanian Tingkatkan Ekonomi di Lampura

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Lampung Utara (Lampura), optimis peningkatan ekonomi di triwulan ke-empat tahun 2021.

Sekdakab Lampura, Lekok mengatakan, sektor pertanian, memegang peranan penting dalam ekonomi Lampura. Yang belakangan mengalami peningkatan cukup signifikan hasilnya. Sehingga diasumsikan akan naik, dibandingkan tahun sebelumnya.


“Kalau hitung-hitungannya, kita masih menunggu dari BPS karena acuannya disana. Dan saat ini sedang dalam tahap penghitungan, kalau nilainya (2020) masih diatas nasional yang berada dikisaran -3% itu, “kata Lekok, didampingi Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi Setdakab Lampura, Anom Sauni, Rabu (15/9).

Anom menambahkan, angka pertumbuhan ekonomi Lampura, sesuai hasil perhitungan di triwulan IV 2020 adalah -1,45%, atau satu digit diatas Nasional.

Baca Juga:   Bermodalkan DP Transaksi, Tersangka Tipu Pengusaha Buah

Hal tersebut, menjadi beberapa faktor. Diantaranya turunnya harga hasil komoditas pertanian, seperti singkong, sawit dan karet. Belum lagi pembatasan kegiatan sosial, yang menghambat perkembangan ekonomi. Namun, dipercaya tahun ini atau kwartal ke-IV dapat meningkat seiring pertumbuhan nilai pendapatan petani.

“Kalau sekarang kan bisa dilihat, ekonomi Lampung nomor dua tertinggi di Sumatera karena harga komoditas pertanian meningkat. Seperti singkong yang pernah menyentuh Rp 1.200/kg, karet Rp 8.000/kg untuk satu pekan dan sawit di Rp 1.800/kg. Belum lagi ada pelonggaran PPKM yang sebelumnya berada dizona merah, hingga menghambat ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Oleh karena itu, dia berkeyakinan angka pertumbuhan ekonomi dapat meningkat. Sebab, untuk provinsi Lampung berada pada kisaran 6%. Sehingga, dimungkinkan tak jauh dari angka tersebut.

Baca Juga:   Tega ! Bayi Malang Ini Dibuang ke Sumur Tua

“Kami tetap memperhatikan tingkat ekonomi masyarakat, mulai dari koordinasi dengan pusat dan provinsi. Selain itu, menjaga kestabilan bahan pangan serta arus distribusi sempat terhambat pembatasan kegiatan sosial (PPKM) dipasaran,” Imbuhnya.

Anom berharap, keadaan itu dapat terus berangsur-angsur normal, dengan tetap menjaga pertumbuhan ekonomi, serta pencegahan dan penanganan terhadap covid-19. “Kita selalu optimis, ekonomi Kabupaten Lampura akan bangkit dan setara dengan kabupaten yang maju tingkat Nasional,” pungkasnya. (ozy/yud)




  • Bagikan