Sekura Galeri Batik, Bantu Bangkitkan UMKM ditengah Pandemi Covid-19

  • Bagikan
Rektor Unila, Prof Karomani meresmikan Sekura, Galeri Butik yang dikelola Dharma Wanita Persatuan Unila, Selasa (9/3). Foto Rimadani Eka Mareta/radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID-Sekura Galeri Batik milik Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Lampung (Unila) resmi di launching, Selasa (9/3) oleh Rektor Unila, Prof Karomani.

Prof Karomani dalam sambutannya menyambut baik dan mendukung penuh dengan adanya Sekura Galeri Batik ini. Menurutnya, bisa melestarikan budaya Lampung juga membantu UMKM ditengah pandemi Covid-19.


“dengan adanya galeri ini bisa untuk membantu UMKM, apalagi di tengah Covid-19 ini banyak yang terpuruk usahanya. Yang jelas dharma wanita ingin menciptakan kemandirian usaha. Selain itu, adanya galeri ini juga, kita ingin tetap melestarikan budaya, apalagi nantinya bisa di nikmati berbagi produk khas Lampung,” jelasnya.

Sementara Ketua DWP Unila, Enung Juhartini Karomani mengatakan Galeri sekura adalah galeri atas inisiatif Dharma wanita persatuan Unila dan BPU Unila bekerjasama dengan UMKM di Lampung.

Baca Juga:   Bupati Sujadi Ingatkan Prioritas Keselamatan Guru dan Siswa

“Nama sekura di ambil dari cerita remaja kabupaten Lampung Barat, di mana biasanya akan ada acara yang diselenggarakan pada hari tertentu. Hari di mana remaja laki-laki mengincar seorang gadis. Namun karena malu, laki-laki tersebut memakai topeng dan sarung, selanjutnya dia mencari gadis yang dia suka ke setiap rumah. Itu kurang lebih cerita yang saya tahu mengenai nama Sekura,” lanjutnya.

Dengan adanya galeri ini, Enung mengatakan diharapkan dapat menciptakan kemandirian Dharma wanita dalam menjalankan organisasi. Kedua membantu UMKM di Lampung dalam pemasaran apalagi di tengah Covid-19 banyak UMKM kesulitan karena itu perlu dibantu agar usah tetap jalan.

“Ketiga melestarikan seni budaya Lampung. Karena Produk yang ada adalah tenun Lampung, Tapis Lampung, berbagai jenis batik Lampung, dan berbagi busana yang dibuat dengan teknik tertentu. Harga produk juga dijual beragam dan sesuai kualitas yang ditawarkan. Kami berharap galeri sekura bisa menjadi tempat bapak ibu dalam membutuhkan produk busana yang ramah lingkungan,” tandasnya. (rma/wdi)




  • Bagikan