Selain Presiden, Menteri BUMN RI juga Berbusana Adat Lampung

  • Bagikan
Menteri BUMN RI Erick Thohir berbusana adat Lampung di peringatan HUT RI ke-76 Selasa (17/8). Foto ist

RADARLAMPUNG.CO.ID-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan busana adat Lampung saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (17/8). Jokowi mengenakan pakaian putih-putih dibalut dengan kain tumpal dan mengenakan tutup kepala.

Selain Jokowi, Menteri BUMN Erick Thohir yang hadir secara virtual ketika upacara penurunan bendera juga mengenakan pakaian adat Lampung.


Presiden Jokowi mengenakan baju Tulang Bawang, sebutan untuk baju adat Lampung dengan motif Lampung Pepaduan yang didominasi warna putih. Sedangkan Menteri Erick Thohir, yang berasal dari Gunung Sugih, Lampung Tengah, memakai baju adat Lampung yang mayoritas berwarna merah.

“Tradisi mengenakan baju nasional saat memperingati Hari Kemerdekaan sudah dimulai Presiden Jokowi sejak tahun 2017, dan selalu berganti setiap tahunnya. Tahun ini, pakaian adat Lampung menjadi pilihan Presiden dan hal itu jelas sangat membanggakan masyarakat Lampung dan saya pribadi sebagai putra daerah karena hal ini langsung mengenalkan kekayaan budaya Lampung,” ujar Erick Thohir.

Baca Juga:   Tekab 308 Polres Tanggamus Bergerak, Tangkap Dua Tersangka dan Sita 14 Motor

Tahun lalu, lanjut Erick, saat peringatan HUT Kemerdekaan dirinya juga memakai pakaian adat Lampung. “Bagi saya, mengenakan pakaian Tulang Bawang selalu mengingatkan kembali kepada mendiang ayah yang kelahiran Lampung, dan juga akar saya berasal,” jelas Erick Thohir. (rls/wdi)




  • Bagikan