Selamat! Mesuji Juara Bazar Pangan Lokal Pada Hari Pangan Sedunia

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kabupaten Mesuji, meraih juara 1 atau penampil terbaik bazar pangan lokal UMKM dalam peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 41 yang digelar Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, di Kebun PKK Agropark Desa Sabah Balau Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan (26/10).

Ketua TP PKK Mesuji, Neliwati Saply, mengaku bangga dan bersyukur atas penghargaan ini. Sebab, ini membuktikan bahwa produk pangan lokal olahan UMKM Mesuji bisa bersaing dan diterima oleh pasar. Khususnya di provinsi Lampung dan produk pangan lokal memiliki potensi yang layak dikembangkan.


“Kita menampilkan aneka olahan ikan sungai. Seperti ikan asin gabus, ikan asap, terasi, kerupuk, kemplang, akar kelapa, kue semprong, patin Krispi, keripik dan rendang kangkung  dan olahan lainnya dari beberapa kelompok pengolah pemasar (poklahsar) binaan dinas perikanan, dinas koperindag dan dinas ketahanan pangan,” Ungkap Saply, dalam rilis yang diterima radarlampung.co.id, Selasa (26/10)

Baca Juga:   Senin Pelaksanaan SKB CASN Mesuji, Persiapan Sudah 100 persen

Selain itu, masih kata dia, Untuk lomba bazar UMKM yang diikuti oleh UMKM sektor pangan di 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, Mesuji menampilkan aneka produk pangan lokal, baik segar maupun olahan produk asli Mesuji.

“Untuk pangan segar, kami menampilkan beras merah dan beras organik dari koperasi Mesuji agro lestari desa Wonosari, tiwul dan oyek dari KWT desa Adikarya Mulya,  sementara buah segar menampilkan jeruk chokun asal desa Wirajaya, belimbing organik Mesuji (BOM) yang di budidayakan di desa Gedung Mulya dan kelapa pandan wangi dari daerah kebun buah desa Wiralaga1,” Bebernya.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Mesuji, Gunarso mengatakan, prestasi ini bisa dicapai, hasil kerjasama antara Gapoktan, KWT, pelaku UMKM, dan perangkat daerah terkait dan tidak terlepas dari Binaan TP PKK Mesuji. (Muk/yud)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan