Selamat ! Tendik Asal Tuba Raih Penghargaan Guru Inspiratif Nasional

  • Bagikan
Zaenal Mutaqin (dua dari kanan) meraih penghargaan sebagai guru terinspiratif nasional 2021. Foto dok Zaenal Mutaqin

RADARLAMPUNG.CO.ID- Zaenal Mutaqin. Salah satu tenaga pendidik SMAN 3 Menggala, Tulangbawang (Tuba) menorehkan prestasi di level nasional.

Zaenal terpilih sebagai guru terinspiratif nasional dalam ajang Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Insipratif Jenjang Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus 2021 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).



Zaenal Mutaqin menjadi salah satu dari lima guru di Indonesia yang masuk untuk kategori guru SMA Inspiratif 2021. Penghargaan diberikan bertepatan pada Hari Guru Nasional (HGN) yang dilaksanakan di Jakarta, Kamis (25/11) lalu.

Baca Juga:   Disdikbud Vaksin Booster 12.585 Guru dan Tenaga Kependidikan

Ia juga menjadi satu-satunya tenaga pendidik SMA dari Lampung yang terpilih sebagai guru terinspiratif nasional.

Zaenal mengatakan jika penghargaan ini menjadi persembahan baginya untuk seluruh tenaga pendidik di tanah air.

“Saya berharap raihan ini bisa menjadi Insiprasi untuk melahirkan guru-guru terbaik di seluruh negeri,” katanya, Minggu (28/11).

Baca Juga:   Disdikbud Vaksin Booster 12.585 Guru dan Tenaga Kependidikan

Mengangkat materi best pratice, profile sejarah daerah (profileseda), Zaenal ingin pemerataan rasa cinta dari warga yang tinggal di Tulangbawang, khususnya Kecamatan Menggala.

Dia berharap kedepannya generasi muda di Tulangbawang tergerak hatinya dan berkeinginan untuk mengetahui sejarah daerahnya.

Setelah itu mencari tahu, berfikir kritis, dan menuangkan dalam naskah serta membuat karya film audio-visual agar memiliki bekal keterampilan penguasaan teknologi.

Baca Juga:   Disdikbud Vaksin Booster 12.585 Guru dan Tenaga Kependidikan

Bukan hanya menghasilkan karya film audiovisual, para peserta didiknya juga berhasil melaju ke kompetisi nasional LKAS, yang diselenggarakan oleh Kemdikbud pada Tahun 2018 dan 2019. Menjadi satu-satunya dari Provinsi Lampung.

Menurutnya, dengan strategi pembelajaran yang kompleks tersebut, selain mengatasi learning loss dan terwujudnya merdeka belajar, unsur-unsur lain seperti mandiri, gotong royong, dan berakhlak mulia dapat tercipta. (rls/nal/wdi)






  • Bagikan