Selamat! Tidak Ada Lagi Pekon Tertinggal di Lambar

  • Bagikan
Penandatanganan penetapan Indeks Desa Membangun (IDM) di aula Pekuwon, Kantor Bappeda Lampung Barat, Rabu (2/6). FOTO DOKUMEN BAPPEDA LAMPUNG BARAT

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat berhasil menanggalkan predikat pekon tertinggal, yang selama ini disematkan kepada Pekon Pancurmas, Kecamatan Lumbokseminung.

Penghapusan predikat pekon tertinggal tersebut melalui penandatanganan penetapan Indeks Desa Membangun (IDM) di aula Pekuwon, Kantor Bappeda Lambar, Rabu (2/6).

Kepala Bappeda Lambar Agustanto Basmar mengatakan, mengenai status pekon di Lampung Barat, berdasar IDM saat ini tidak ada lagi yang tertinggal.

Dari total 131 pekon yang ada di Lambar, terdapat 40 pekon status mandiri, 61 pekon status maju, dan 30 pekon status berkembang.

”Jadi tidak ada lagi pekon yang tertinggal. Dengan hasil penilaian tersebut menjadikan Lampung Barat menempati posisi 35 status maju tingkat nasional,” ungkap Agustanto.

Baca Juga:   Empat Kabupaten Prioritas Awal Program Simnangkis Tekan Kemiskinan di Lampung

Terusnya, pembagian status penilaian yaitu desa sangat tertinggal, desa tertinggal, desa berkembang, desa maju, desa mandiri. Dengan memperhatikan tiga aspek penilaian yakni Indeks Komposit Sosial (IKS), Indeks Komposit Ekonomi (IKE) serta Indeks Komposit Lingkungan (IKL). (nop/ais)

 

 



  • Bagikan