Selamat ! UIN RIL Lima Besar Terbaik Nasional

  • Bagikan
Rektor UIN Radin Inten Lampung Prof. Moh Mukri. FOTO RIMADANI EKA MARETA/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID-Prestasi terbaik terus dicapai Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL). Teranyar, berdasarkan data Webometrics UIN RIL meraih posisi ke empat dari 58 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia.

Rektor UIN RIL, Prof Moh Mukri mengatakan hal itu merupakan kerja keras yang dilakukan dengan sungguh-sungguh. Betapa tidak, pada Juli 2020 UIN RIL masih di urutan ke-7. Sebelumnya, pada Januari 2020 berada diposisi ke-10 dan Juni 2019 diposisi ke-22.


“Ya Webometrics kan lembaga internasional terkait perangkingan dan di PTKIN, UIN di bawah Kementerian Agama kan ada 58 PTKIN. Alhamdulillah UIN RIL dengan minimal 4 indikator Webometrics itu sekarang sudah ranking empat. Ini kan upaya ikhtiar yang kita bangun. Kesungguhan atas ikhtiar dan dinilai oleh dunia luar,” jelas Mukri via ponselnya, Jumat (19/2).

Dia melanjutkan, penghargaan yang datang ke UIN RIL tidaklah datang dengan sendirinya. Sama seperti UIN RIL mendapat penghargaan Green Kampus dengan 3 penghargaan sekaligus. “Kami bersyukur bahwa upaya kerja keras kita, pembenahan kita diakui oleh dunia luar. Misalnya akreditasi, hampir setengah prodi DI UIN RIL sudah terakreditasi A. Pengelolaan keuangan kita juga terbaik Nasional dua tahun berturut-turut. Kita juga pendaftar terbanyak diluar Jawa, di Sumatera juga nomor 1 pendaftar terbanyak. Ini ternyata ketika kita mau bekerja keras dan bersungguh-sungguh, hasilnya seperti itu,” lanjut Mukri.

Baca Juga:   Pemkot Tutup Seluruh Gerai Bakso Son Haji Sony

Belum lagi, kata dia, soal jurnal ilmiah, hampir semua prodi sudah memiliki nya. Pembenahan lingkungan juga kita lakukan, satu-satunya yang menerapkan ISO 14001:2015 tehtang sistem manajemen lingkungan. “Ini semua kan proses, kok bisa kok bisa. Sekarang memang saat kita menjadi UIN banyak trobosan dan loncatan. Bukan cuma Kemenag, tapi Kemendikbud, webometrics, dan lainnya mengakui itu. Ya kamu caranya sungguh-sungguh dengan komitmen dengan kebaikan akhirnya seperti itu,” lanjutnya.

Mukri menyebutkan, dalam meningkatkan perubahan yang signifikan dibawah kepemimpinannya yang terpenting ada target. Saat baru dilantik jadi rektor, Mukri menyebut saat itu bisa Nothing, tidak ada apa-apanya. Namun, dalam seketika jangka waktu tertentu harus jadi to be something, tapi next time harus jadi to be everything.

Baca Juga:   Dissos Way Kanan Telusuri Dugaan Aparat Kampung Terima PKH

“Kita harus bersungguh-sungguh kesejahteraan, karya tulis profesornya. Hari ini saya berani mengatakan, UIN RIL sudah menjadi to be something, kita sudah menjadi rujukan. Maka jika nantinya UIN RIL jadi nomor satu ya tidak menutup kemungkinan. Saya yakin haqqul yakin ya bisa. Yang penting kita bisa menghargai orang. Bisa bersinergi, kita bisa. Saya semenjak jadi rektor punya mimpi indah, dan dilingkari orang-orang baik, punya semangat, kinerja keihklasan, maka saya punya keyakinan, ketika kita punya mimpi yang indah-indah dan kita dilingkari orang-orang yang keren itu akan menjadi nyata hanya persoalan waktu,” tandasnya. (rma/wdi)




  • Bagikan