Selanjutnya, Distribusi Surat Suara Dikawal Polisi

  • Bagikan
Perwakilan PT Aksara Grafika Pratama Fajar R. Arief saat supervisi ke KPU Lampung, Selasa (12/2). Foto Rima Mareta/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Konsorsium percetakan surat suara Pemilu 2019 untuk Wilayah Lampung, PT Aksara Grafika Pratama melakukan supervisi ke KPU Lampung, Selasa (12/2).

Dalam kesempatan itu, PT Aksara Grafika Pratama menyebut nantinya distribusi surat suara ke kabupaten/kota akan didampingi dua anggota kepolisian. Hal ini terkait informasi yang diterima Bawaslu RI sebelumnya, jika pendistribusian surat suara ke daerah tanpa pengawalan. 

Perwakilan PT Aksara Grafika Pratama Fajar R. Arief mengakui memang sebelumnya tidak ada koordinasi oleh KPU RI pada konsorsium soal pengamanan distribusi. Namun, pasca pertemuan bersama KPU RI belum lama, maka diputuskan akan ada personil sebagai pengamanan.

“Iya benar, untuk pengiriman selanjutnya nanti sudah ada pengamanan kepolisian. Jadi satu kali pengiriman ke daerah akan ada dia personil kepolisian yang jaga,” kata Fajar.

Koordinasi ini juga dibenarkan Komisioner KPU Lampung Divisi Logistik Erwan Bustami. Menurut dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian dan percetakan soal pengawalan surat suara.

“Prinsipnya kita sudah lakukan koordinasi, perusahaan sudah berikan jadwal yang baru jadi nantinya pengiriman selanjutnya akan disertai pengamanan kepolisian. Kalau ada perubahan jadwal distribusi kami pasti diberitahu. Pengamanan kalau bentuknya bagaimana itu polda Lampung langsung,” ujar Erwan. (rma/kyd)




  • Bagikan