Sempat Bikin Geger Warga Lamtim, Macan ‘Nyasar’ Dikembalikan ke TNWK

  • Bagikan
Macan Dahan masuk pemukiman penduduk Foto Dwi P/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id-Warga Desa Rajanasalama Induk Kecamatan Labuhanratu Lampung Timur geger. Itu menyusul masuknya hewan liar dari Taman Nasional Way Kambas jenis macan dahan (novelis diardi) ke pemukiman penduduk Dusun Batin Setia Desa Rajabasalama.

Warga setempat menyebutkan hewan yang dilindungi tersebut kali pertama terlihat masuk kampung, Rabu (10/6). Bahkan, hewan jenis kucing hutan itu sempat masuk ke rumah warga.

Hewan berukuran tinggi sekitar 0,5 meter dengan panjang 85 cm dan berat 10 kg itu akhirnya terjebak di bawah kandang ayam milik warga, Tukino (34) warga Dusun Batin Setia Desa Rajabasa Lama, Kamis (11/6).

Namun sekitar pukul 14.35 siang, hewan langka itu berhasil dikembalikan ke kawasan hutan Taman Nasional Waykambas (TNWK).

Baca Juga:   Kadiskes Tegaskan Varian Baru Covid-19 Belum Terdeteksi di Lampung

Kepala Balai TNWK Subakir menjelaskan,  selama di SRS macan jantan tersebut menjalani observasi dan pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter hewan. Setelah kondisinya dinyatakan sehat, macan tersebut langsung kami lepas liarkan ke habitatnya. “Macan dahan tersebut segera dilepas liarkan ke dalam kawasan hutan TNWK demi menjaga kelestariannya,”jelas Subakir. (wid/wdi)

 



  • Bagikan