Sepakat Pilkada Pesawaran Luber, Jurdil, Bersih, Transparan, Partisipatif dan Berkualitas

  • Bagikan
Bawaslu Lampung dan Pesawaran serta stakeholder menandatangani komitmen bersama pemilihan bupati-wakil bupati 2020 yang Luber, Jurdil, Bersih, Transparan, Partisipatif dan Berkualitas. FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Bawaslu Lampung dan Pesawaran bersama stakeholder terkait menandatangani komitmen bersama pemilihan bupati-wakil bupati 2020 yang Luber, Jurdil, Bersih, Transparan, Partisipatif dan Berkualitas.

Anggota Bawaslu Lampung Iskardo P. Panggar mengatakan, komitmen yang ditandatangani tersebut merupakan upaya mendukung Pemkab Pesawaran untuk mewujudkan netralitas ASN menjelang, saat dan pasca pelaksanaan Pilkada 2020. Kemudian mendukung kelancaran realisasi dana hibah pilkada sesuai jadwal tahapan dan optimalisasi kinerja ASN yang ditugaskan pada sekretariat pengawas pemilu secara mandiri dan berintegritas.

Selain itu, seluruh stakeholder terkait sepakat menolak tindak politik uang dalam segala bentuknya, serta mendukung sepenuhnya jajaran pengawas pemilu Pesawaran dalam mewujudkan kredibilitas pilkada 2020 yang bersih, transparan dan berkualitas.

”Kemudian sepakat menolak bentuk apapun segala perilaku atau perbuatan yang mengarah kepada terjadinya praktik imbalan (mahar politik) dalam proses pencalonan bupati-wakil bupati,” tegasnya.

Ketua Bawaslu Pesawaran Ryan Arnando mengungkapkan, pengawasan terhadap jalannya pesta demokrasi tersebut bukan hanya menjadi tangggung jawab penyelenggara. Namun merupakan tanggung jawab semua pihak. Mulai tokoh masyarakat, agama, pemerintah, ormas dan organisasi lainnya.

“Apalagi jumlah personel kami di lapangan sangat terbatas untuk mengawasi semua kegiatan politik. Jadi peran stakeholder sangat dibutuhkan untuk terciptanya pemilu yang Luber, Jurdil, Bersih, Transparan, Partisipatif dan Berkualitas,” terangnya. (ozi/ais)




  • Bagikan