Sepanjang Operasi Lilin Krakatau, 37 Kasus Lakalantas Terjadi, 18 Orang Tewas di Jalan Raya

  • Bagikan
Evaluasi Jabatan, Kapolsek Tkb Diganti
Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Asyad

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sepanjang gelaran Operasi Lilin Krakatau tahun 2021 yang digelar Polda Lampung, ada 37 kejadian kecelakaan lalu lintas (lakalantas) yang terjadi. Hal tersebut dikatakan oleh Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad.

“Ada sekitar 18 orang meninggal dunia, luka berat 23 orang dan luka ringan 31 orang. Jadi lakalantas ini terjadi akibat human eror. Akibat kelalaian manusia,” katanya, Selasa (4/1).



Dalam kegiatan operasi itu, ada empat tilang yang dikeluarkan. Dan memberikan teguran sebanyak 955 pengendara. Sedangkan dalam pengamanan tindakan pelaku kriminal, per tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 ada sekitar 132 kasus yang ditangani.

“Penindakan ini untuk menjaga situasi kamtibmas. Dimana dalam data 132 itu ada dibagi lahi kejahatan konvensional sebanyak 118 kasus. Kejahatan trans nasional 14 kasus, kejahatan berimplikasi kontijensi sebanyak 1 kasus,” kata dia.

Lalu untuk kasus kejahatan transnasional, itu pun meliputi seperti peredaran gelap narkotika. Yang telah berhasil diungkap oleh Polda Lampung sebanyak 14 kasus. “Selain itu ada sekitar 3.939 orang pelanggar prokes yang ditegur. Ini tentunya untuk mengantisipasi masuknya varian Covid-19 terbaru yakni Omicron,” katanya.

Tak hanya itu saja, pihaknya pun membagikan masker 9.066 masker kepada masyarakat. “Selain memberikan teguran, anggota di lapangan, mensosialisasikan prokes pada 3.869 orang dan membagikan bantuan sosial pada 1. 291 warga terdampak Covid-19,” ungkapnya. (ang/)






  • Bagikan