Sepuluh Desa di Pesawaran Punya Pokdarwis, Puluhan Lainnya Menyusul

  • Bagikan
Petugas melaksanakan operasi Yustisi di obyek wisata Pesawaran beberapa waktu lalu. Foto dok Humas Polres Pesawaran

RADARLAMPUNG.CO.ID- Pemerintah Daerah Pesawaran terus mendorong agar desa di Pesawaran menjadi desa mandiri di bidang wisata. Dari sekitar 50 desa yang sudah memiliki destinasi wisata, saat ini 10 desa telah memiliki kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam pengelolaan wisata.

“Untuk 40 desa lainnya saat ini in progress. Karena untuk mendukung program one village one destination dan masuk dalam visi misi pemda menjadikan desa tangguh dan mandiri, semua OPD terlibat untuk mendorong agar desa mandiri,”ungkap Kepala Bidang Destinasi, Yudiana mewakili Kadis Pariwisata, Elsyafri Fahrizal, Minggu (14/3)


Dikatakan, program one village one destinastion beririsan dengan program Desa Digital dan Desa wisata (Dedi dan Dewi). Dimana, selain Pokdarwis dan SOP, desa desa wisata di Pesawaran diminta untuk melengkapi indikator wisata yang menjadi potensi di desa tersebut. “Termasuk ada perencanaan, blue print nya dan kelengkapan pariwisata lainnya, agar tertata rapi,”ucapnya

Baca Juga:   LANTIK PENGURUS PABPDSI

Dari 10 desa tersebut lanjut Yudiana diantaranya Desa Gunung Rejo, Batu Menyan, Pahawang, Durian, Wates, Harapan Jaya, Pujo Rahayu, Negerikaton dan Desa Sumber Jaya. Dan pengembangan internal, pokdarwis dan SOP 40 desa lainnya saat ini tengah melengkapi

“Targetnya 10 desa menjadi prioritas pengembangan wisata yang utuh dengan dukungan OPD terkait sesuai visi misi kabupaten pesawaran,”pungkasnya (ozi/wdi)




  • Bagikan