Serahkan BLM Kreatif Mandiri, Winarti: Teruslah Berinovasi Agar Perekonomian Selalu Berputar dan Membaik

  • Bagikan
Bupati Tulangbawang Winarti memberikan sambutan saat penyerahan bantuan. Foto Diskominfo Tulangbawang

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bupati Tulangbawang Winarti kembali menyerahkan Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) Program Kreatif Mandiri Bergerak Melayani Warga (BMW) di Aula Kampung Astra Ksetra, Menggala, Rabu (25/8). Tahun ini, terdapat tiga kelompok di setiap kampung yang akan menerima program.

Tiga kelompok tersebut yakni, wanita kreatif mandiri, karang taruna, dan wanita muslimat. Nantinya, kelompok penerima program diminta untuk bersinergi dengan program kampung.


Pemkab Tulangbawang total menggelontorkan anggaran sebanyak Rp9.060.000.000 untuk 453 kelompok di seluruh Tulangbawang secara bertahap.

Untuk Kecamatan Menggala, bantuan akan disalurkan pada tahap kedua pengusulan. Total ada 5 kampung dan 4 kelurahan yang akan menerima. Total terdapat 27 kelompok masyarakat dengan 540 anggota. Jumlah bantuan yang tersalurkan sebanyak Rp540.000.000.

Baca Juga:   Lakalantas di Jalan Lintas Rawajitu, Satu Orang Meninggal Dunia

Dari jumlah kampung/kelurahan tersebut, kelompok masyarakat di 3 kampung dan 4 kelurahan yang sudah menerima bantuan. Sementara kelompok masyarakat di 2 kampung masih dalam proses pengusulan proposal Kampung Astra Ksetra dan Tiuh Tohou.

Beberapa jenis usaha yang telah dan akan dibangun dari bantuan tersebut adalah kolam pemancingan, toko sembako, konveksi, budidaya jamur sawit, usaha percetakan, sewa alat gerabah, sewa kursi dan usaha makanan ringan.

Setiap kelompok penerima bantuan, diharapkan dapat berinovasi dan berkomunikasi dengan kepala kampung dan BPK setempat untuk kemajuan usaha mereka.

“Program ini merupakan bagian dari 25 program unggulan BMW yang akan terus kita laksanakan, karena manfaatnya sudah dirasakan oleh masyarakat,” ungkap Winarti.

Baca Juga:   4 Korban Meninggal Laka JTTS Warga Tanggamus dan Mesuji

Dalam kegiatan tersebut, Winarti sekaligus menyerahkan bantuan gerobak bagi UMKM atau pedagang kaki lima kuliner di Kecamatan Menggala, Denteteladas, Banjaragung, Penawaraji, dan Penawartama. Total bantuan yang diserahkan sebanyak 20 unit gerobak dorong.

Selain itu, juga diserahkan bantuan sembako untuk warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman). Terdapat juga penyerahan bantuan 25 unit kursi roda untuk penyandang disabilitas.

Bantuan-bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada perwakilan penerima yang datang.

Tidak lupa, Bupati Winarti juga berpesan kepada seluruh masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Marilah jaga kesehatan kita semua, Covid-19 masih ada dan kita harus menjaga diri sebaik mungkin,” pesan mantan ketua DPRD Tulangbawang. (nal/sur)




  • Bagikan