Serahkan Persoalan Tapal Batas Lambar-Tanggamus ke Kemendagri

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Masalah tapal batas antara Lampung Barat dengan Tanggamus belum tuntas. Wilayah seluas 8.000 hektare masih belum menemui kepastian.

Kedua belah pihak akhirnya sepakat untuk menyerahkan ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk penegasan tapal batas kedua kabupaten.


Kabag Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Tapem dan Otda) Sekretariat Kabupaten Lampung Barat Domi Nofalisa mengungkapkan, pihaknya telah melakukan diskusi dengan Pemkab Tanggamus perihal penyelesaian masalah tapal batas tersebut.

Karena tidak ada keputusan, maka Pemkab Lambar dan Tanggamus sepakat untuk menyerahkan penegasannya kepada Kemendagri.

“Jadi sekarang ini kita menunggu penegasan dari Kemendagri. Hasil diskusi antara kami dengan perwakilan dari Pemkab Tanggamus menyepakati untuk mengambil opsi tersebut,” kata Domi.

Baca Juga:   Produksi Ikan Air Tawar di Lambar Capai 650 Ton Per Bulan

Disinggung soal wilayah yang saling bersinggungan dan menyebabkan permasalahan tapal batas menjadi berlarut-larut, Domi menyatakan luasnya mencapai 8.000 hektare. Dua kabupaten sama-sama memiliki dasar yang kuat dalam mempertahankan wilayah tersebut.

“Jadi kenapa Pemkab Lambar dan Tanggamus sama-sama bertahan, sebab dari luas 8.000 hektare tersebut ada di dalam peta kabupaten masing-masing. Karena itu solusinya menyerahkan ke Kemendagri untuk memutuskan. Apapun hasilnya, kita hormati,” tegasnya.




  • Bagikan