Serap Aspirasi UKM Cakat Raya, Winarti Janji Bantu Promosi dan Percantik Kemasan

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang terus berbenah memperbaiki dan berupaya memberikan kemudahan pelayanan proses permohonan penerbitan rekomendasi dan izin koperasi simpan pinjam bagi masyarakat Tulangbawang.

Tak tanggung tanggung, Bupati Tulangbawang Hj. Winarti, S.E.,M.H., memerintahkan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk dapat menyelesaikan proses permohonan penerbitan rekomendasi dan izin koperasi simpan pinjam hanya dalam waktu 30 menit jika syarat-syarat telah lengkap.

Hal tersebut dikatakan Winarti saat mengunjungi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) setempat, Jumat (20/7) pagi.

Mengunjungi Dinas Koperasi dan UKM. Foto Zainal Arifin/Radar Lampung

Secara detail, bupati perempuan pertama Tulangbawang itu mengurai kendala apa saja yang membuat proses permohonan penerbitan rekomendasi jika terhambat.

Untuk itu, dia meminta kepada pegawai dan staf Dinas Koperasi dan UKM untuk memastikan permohonan dapat disetujui atau tidaknya dalam waktu 30 menit jika kelengkapan berkas telah terpenuhi.

Menyaksikan penandatanganan PKS Pamsimas III. Foto Zainal Arifin/Radar Lampung

“Prosedur proses permohonan kantor cabang harus di sosialisasikan, kenyamanan ruangan harus jadi perhatian, dokumen atau berkas harus ditata ketika akan digunakan. Jadi kita tidak susah untuk mencarinya, salah satu manfaat tertib dan teraturnya penataan ruangan kerja menjadi kunci cepatnya kinerja kita,” pesan Winarti kepada Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Deni Muttaqin.

Selain itu, Bupati Gotong Royong itu juga meminta Dinas Koperasi dan UKM untuk dapat menata lokasi tempat pelaku UKM, seperti di kawasan penjualan keripik, ikan asin dan ikan asap di Kawasan Wisata Cakat Raya.

Baca Juga:   Kapolresta Bandarlampung Diganti

“UKM di sekitar Kawasan Wisata Cakat Raya harus ditata lebih baik lagi. Sama halnya dengan kawasan usaha kecil di jalan lintas Timur, sekitar simpang bawang latak, itu ada beragam pelaku usaha burung dan hewan lainnya. Harus ditata juga supaya lebih rapih, supaya dapat menjadi bagian kawasan wisata belanja yang baik, nyaman dan aman bagi para masyarakat luar yang melintasi Kabupaten Tulangbawang,” terang Bupati.

Permintaan tersebut rasanya tidak main main, setelah mengunjungi Dinas Koperasi dan UKM, mantan ketua DPRD Tulangbawang itu langsung bergerak mengunjungi sekaligus menyerap aspirasi pedagang ikan yang ada di kawasan Cakatraya.

Di tempat yang banyak menjajakan oleh oleh khas Kabupaten Tulangbawang seperti ikan asap, terasi, udang, ikan seluang dan berbagai jenis olahan ikan lainnya itu, Winarti langsung memerintahkan Dinas Koperasi dan UKM untuk menindaklanjuti aspirasi dari para pelaku Usaha Kecil Menengah itu.

Di tempat itu, Pemkab Tulangbawang di bawah kepemimpinan Winarti dan Hendriwansyah juga berjanji akan terus membantu mempromosikan lokasi tersebut sebagai tempat oleh oleh khas Tulangbawang. Lokasinya yang sangat strategis, nyaman dan rapih, menurut Winarti juga akan menjadi magnet atau daya tarik tersendiri.

Baca Juga:   Ketua Pokdarkamtibmas Tubaba Usul Tandai Rumah Warga Isoman

“Nanti akan kita bantu juga untuk kemasannya, agar saat pembeli mampir untuk membeli atau sekedar melihat lihat dapat tertarik dengan kemasan yang lebih cantik,” ungkapnya.

Di tempat yang berlokasi di kampung cakat raya, kecamatan Menggala Timur tersebut, Bupati beserta rombongan menyerahkan bantuan alat kebersihan kepada para pelaku UKM, seperti sapu, tong sampah dan serok sampah.

Sementara itu, pagi harinya sebelum mengunjungi Dinas Koperasi dan UKM serta pelaku usaha kecil menengah di kawasan cakat raya, Bupati Tulangbawang menyaksikan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Program Nasional Penyediaaan Air Minum dan Sanitasi Berbasi Masyarakat (Pamsimas) III Kabupaten Tulangbawang di Lantai II Ruang Rapat Kantor Bupati Tulangbawang, yang dilaksanakan antara Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sebagai wakil Pemerintah Kabupaten dengan para Ketua Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) dari Kampung-kampung yang ada di Tulangbawang.

Usai menyaksikan sekaligus memberikan arahan kepada perwakilan 27 kampung di 8 Kecamatan yang menerima program pusat Pamsimas tersebut, Winarti berpesan kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat berkontribusi dalam memberikan pelayanan dalam membangun Tulangbawang agar lebih baik kedepannya

“Ini merupakan bukti gotong royong sudah berjalan, bukan hanya di Tulangbawang, tapi bagaimana Presiden Joko Widodo juga sangat respon dan perhatian terhadap kabupaten Tulangbawang,” tandasnya. (nal/gus)




  • Bagikan