Metro  

Serapan Anggaran Pemkot Metro Belum Sampai 50 Persen


ILUSTRASI/FOTO PIXABAY.COM

RADARLAMPUNG.CO.ID – Penyerapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Metro baru mencapai 23 persen memasuki bulan kelima tahun anggaran 2022 ini.

Wali Kota Metro Wahdi mengatakan, hal itu salah satunya karena penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), yang mana merupakan teknologi terbaru. Sehingga perlunya adaptasi terhadap sistem tersebut.





“Penyerapan anggaran tahun 2022 baru mencapai sekitar 23 persen, proses pembelanjaan daerah sudah berjalan. Sebab, kita sedang mencoba menggunakan teknologi terbaru yaitu SPBE,” ujarnya.

Ia menjelaskan, penerapan SPBE tersebut terintegrasi oleh pusat, tapi prosesnya dirancang oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

“Nanti akan dirancang oleh Kominfo sebaik mungkin basis-basisnya. Sehingga nantinya kita punya dashboard,” imbuhnya.

Baca Juga:   Armada Sampah DLH Metro Sempat Mandek Operasi, Ini Penyebabnya

Ia menambahkan, semua sistem memang harus dilakukan dengan baik dan transparan. Serta harus sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat yang telah dibahas melalui musrenbang.

“Ini justru melibatkan semua mulai dari instansi vertikal, lalu kita lanjutkan dengan berbicara kepada OPD. Itu semua untuk percepatan pembangunan,” tandasnya. (rur/sur)