Setelah 12 Tahun Memapankan 3 Juta Penggunanya di Jawa dan Bali, Kini Aplikasi Mapan Hadir di Lampung

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Setelah hadir untuk lebih dari 3 juta rumah tangga yang tersebar di seluruh Pulau Jawa dan Bali melalui ratusan ribu mitra usahanya, kini aplikasi Mapan melebarkan sayapnya ke seluruh kota di Sumatera dan Sulawesi.

Perlu Diketahui, Mapan didirikan di Indonesia sejak 2009 dan menjadi pionir penyedia layanan aplikasi arisan digital sejak 2015. Sejak itu, Mapan telah membantu lebih dari ratusan ribu ibu di Indonesia untuk mendapatkan berbagai keuntungan guna membantu ekonomi rumah tangganya dan meningkatkan kualitas hidup mereka.



Mapan adalah sebuah aplikasi asli karya anak bangsa yang berfokus pada misi menciptakan jutaan keluarga Indonesia untuk bisa mencapai hidup yang mapan dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Beberapa layanan yang disediakan seperti seperti Mapan Arisan, Mapan Pulsa dan dan Mapan Mart. Salah satu produk yang menjadi andalan dari para penggunanya adalah Mapan Arisan.

Salah satu pengguna aplikasi Mapan yang bisa meningkatkan kualitas hidup mereka dan mencapai hidup mapan adalah Ibu Eka Uswatun asal Asal Ciomas. Ibu Eka terdaftar sebagai Mitra Usaha Mapan (MUM) sejak 2017. Sebelum menikah, Ibu Eka bekerja sebagai karyawan di sebuah bank swasta dan memutuskan untuk fokus ke keluarganya setelah menikah.

Baca Juga:   25 Tempat Wisata di Lampung yang Perlu Dicatat dan Dikunjungi

Saat pandemi melanda Indonesia pada tahun 2020, Bu Eka berhasil memanfaatkan jaringan komunitas yang pernah ia bangun melalui aplikasi Mapan dan memanfaatkan semua layanan di aplikasi Mapan seperti Mapan Arisan, Mapan Pulsa, dan Mapan Mart untuk bisa menghasilkan pendapatan yang akhirnya bisa membantu perekonomian rumah tangganya yang terdampak pandemi.

Alhasil selama pandemi, Ibu Eka bisa membayar cicilan hutang, merenovasi rumah, menabung, dan mengedukasi ibu-ibu lain disekitarnya untuk bisa mandiri dan produktif secara finansial.

Hendra Tjanaka, CEO Mapan mengatakan, Sejak didirikan pada tahun 2009, pihaknya sudah melihat sendiri dampak sosial dan ekonomi yang ditimbulkan dari 3 juta pengguna dan ratusan ribu Mitra Usaha Mapan.

Salah satunya adalah Ibu Eka Uswatun, seorang Ibu yang berhasil menembus batas demi mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik untuk keluarga dan lingkungannya.

“Kami ingin menciptakan dan mengajak lebih banyak Ibu Eka Uswatun lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Maka dari itu, kami terus bergerak untuk menjangkau lebih banyak orang melalui perluasan wilayah layanan kami,” Ungkap Hendra Tjanaka, Rabu (29/12).

Dia menjelaskan, mengenai layanan yang tersedia didalam aplikasi Mapan, salah satunya adalah Mapan Arisan. Masing-masing anggota arisan dapat memilih barang yang berbeda antara satu dengan lain yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anggota.

Baca Juga:   Fakta Unik Gamolan, Alat Musik Lampung

Terdapat berbagai macam pilihan barang mulai dari peralatan masak, furnitur, hingga kebutuhan pendukung usaha rumahan. Barang-barang tersebut bisa dipilih langsung di dalam aplikasi Mapan Arisan atau melalui katalog Mapan.

Mapan bekerja sama dengan merek-merek sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia seperti Polytron, Cosmos, Philips, Maspion, Tupperware, Sophie Martin, Brunbrun, Happycall, Uniland, Miniso, Homyped, Carvil, Zoya, Bodypack, Exsport, Technoplast, Supra, dan ratusan merek terkenal lainnya.

Hal ini dilakukan demi menjaga dan menjamin kualitas barang yang didapatkan oleh pengguna aplikasi Mapan.

“Produk yang disediakan didalam Mapan Arisan memiliki jaminan garansi produk resmi serta jaminan ketersediaan barang. Setelah memilih barang, seluruh sistem kocokan arisan akan dilakukan secara digital setiap bulannya untuk menentukan nama yang mendapatkan barang pilihannya di kocokan tersebut. Pengguna Mapan Arisan hanya tinggal memesan barang lewat aplikasi dan barangnya nanti akan datang didepan pintu rumah mereka. Bahkan tingkat keberhasilan pengiriman kami selama 2021 sebesar 99.5%,” ujar Hendra Tjanaka.

Layanan lainnya adalah Mapan Pulsa dimana pengguna bisa mendapatkan pulsa, paket data, voucher listrik, dan produk-produk lain yang akan terus ditambahkan dengan jaminan harga terbaik. Sedangkan untuk layanan Mapan Mart, penggunanya bisa mendapatkan berbagai kebutuhan sehari-hari dengan harga yang lebih terjangkau dan bahkan dibawah harga retail pada umumnya.

Baca Juga:   Berikut Bermacam Pakaian Adat Lampung, Yuk Cek

“Kami ingin produk kami menjadi one-stop-solution untuk para Mitra Usaha Mapan (MUM) dan dampaknya bisa dirasakan oleh lebih banyak orang di Indonesia, seperti halnya juga untuk masyarakat Kota Lampung. Terutama bagi orang-orang yang belum memiliki akses ke layanan finansial konvensional. Kami menjembatani itu dengan teknologi,” ucap Hendra Tjanaka.

Untuk bisa bergabung menjadi Mitra Usaha Mapan (MUM), masyarakat Kota Lampung bisa mengunduh aplikasi Mapan yang ada di Google Play Store, membuat kelompok yang terdiri dari saudara atau kerabat terdekat, dan memilih barang kebutuhan impian serta ada kesempatan untuk mendapatkan keuntungan lainnya. Panduan jitu menjadi Mitra Usaha Mapan juga bisa diakses di www.mapan.id. Khusus untuk masyarakat Kota Lampung, bisa mendapatkan voucher diskon Mapan Arisan spesial yaitu LAMPUNG15 (S&K Berlaku).

Bersama Mitra Usaha Mapan dan merek-merek terkenal lainnya, Mapan akan terus berjalan bersama untuk mencapai satu tujuan besar yaitu memperluas jangkauannya layanannya sampai ke seluruh Indonesia dan menciptakan jutaan keluarga Indonesia yang memiliki kualitas hidup yang lebih baik. (rls/yud)






  • Bagikan