Sharp Dulang Prestasi Raih Tiga Penghargaan Sebagai Merek Terbaik

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Tahun 2020 menjadi tahun yang penuh tantangan bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama bagi para pelaku usaha tanah air. Di awali dengan bencana banjir yang melanda beberapa kota di Indonesia, hingga pandemi Covid-19 yang terus menyebar.

Hal ini juga mengakibatkan dikeluarkannya peraturan pembatasan untuk berkumpul yang berdampak pada penutupan pusat perbelanjaan, pertokoan, rumah makan dan fasilitas umum lainnya. Ini berdampak pada banyaknya pelaku usaha yang terpaksa gulung tikar karena tidak mampu bertahan pada situasi sulit.


Sharp Indonesia sebagai salah satu perusahaan manufaktur elektronik terbesar di Indonesia pun sempat mengalami kendala akibat runtutan permasalahan yang terus terjadi sepanjang tahun 2020.

Namun, kemampuannya untuk beradaptasi dan cepat tanggap dalam menyingkapi setiap tantangan yang menghadang, membawa Sharp mampu bertahan dan mendulang kesuksesan dengan menemukan strategi–strategi baru dalam bidang penjualan dan peningkatan citra mereknya.

Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, Shinji Teraoka mengatakan, Sharp juga sempat terpuruk di awal tahun 2020 akibat dampak peraturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang berdampak pada penjualan dan penurunan kapasitas produksi.

“Namun, Sharp mampu bangkit dengan berhasil mencatatkan sejarah baru dengan berhasil memproduksi lemari es sebanyak 20 juta unit pada April 2020, cepat beradaptasi dan peka terhadap peluang yang ada, merupakan salah satu kunci keberhasilan kami,” ungkapnya.

Head of HA Product Strategy Division PT Sharp Electronics Indonesia, Andrew Gultom menambahkan, Sharp Indonesia secara cepat melakukan perubahan pola kerja dan menciptakan inovasi dengan menjalankan pemasaran secara virtual memanfaatkan asset digitalnya hingga berhasil dalam mempertahankan performanya.

“Ditengah gempuran persaingan industri elektronik dan segala macam permasalahan yang terjadi di tahun 2020, Kami sangat merasa bangga dapat bertahan dan di apresiasi menjadi salah satu merek terbaik di ajang penghargaan Indonesia Best Brand Awards 2020 dengan memboyong 2 kategori sekaligus yaitu untuk mesin cuci dan lemari es,” tambahnya.

Baca Juga:   Sinergi Terbentuk ! Simak Strategi BRI Pacu Ekosistem Ultra Mikro 

Indonesia Best Brand Awards (IBBA) 2020 merupakan sebuah ajang penghargaan tahunan yang diikuti oleh ratusan merek di seluruh Indonesia yang berkompetisi untuk mendapatkan poisisi merek teratas di tanah air.

SWA selaku penyelenggara menggandeng MARS dalam pelaksanaan riset dan penilaian, dengan menggunakan metode survey kuantitatif yang memiliki 5 kriteria penilaian, seperti Top of Mind Advertising, Top of Mind Brand, Brand Share, Satisfaction, dan Gain Index.

Survey yang diadakan pada periode Agustus–Oktober melibatkan lebih dari 5.000 responden dari 7 kota besar, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Banjarmasin dengan berbagai latar sosial ekonomi.

“Dengan kemenangannya ini Sharp Indonesia berhasil mempertahankan posisinya sebagai merek terbaik selama 18 tahun berturut–turut sejak tahun 2002 silam,” jelas Andrew.

Tidak hanya mendapatkan apresiasi sebagai merek terbaik, Sharp pun mampu menyabet penghargaan Indonesia Customer Experience Award sebuah ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh Majalah SWA bersama Business Digest, lembaga survei yang tergabung di dalam Grup SWA untuk kategori produk Air Conditioner.

Penghargaan Indonesia Customer Experience Award 2020 merupakan penghargaan yang baru pertama kali diadakan guna mengapresiasi merek-merek di Indonesia yang tiada pernah berhenti berkreasi dalam menjawab seluruh harapan dan tuntutan pelanggan.

Melibatkan kurang lebih 3.000 responden yang merupakan pelanggan dari berbagai kategori produk atau jasa, dan berlangsung di enam kota besar di Indonesia, yaitu Medan, Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Makassar. SWA dan Busines Digest melakukan face to face interview dan telesurvey.

Aspek penilaian yang dilakukan adalah dengan menggali pengalaman responden terhadap merek-merek yang pernah digunakan, yang tercakup dalam aspek kognitif, afektif, perilaku, dan sosial.

Pada survei tersebut, responden diminta untuk menilai merek-merek yang pernah digunakan berdasarkan empat variabel, yaitu kognitif, afektif, perilaku, dan sosial, dalam skala 1–10. Secara keseluruhan, terdapat 316 merek dari 110 kategori produk yang berhasil terjaring dari survei ICX Index 2020.

Baca Juga:   Vaksinasi Apindo-OJK Sasar 40 Ribu Warga Lampung

Memiliki tiga fokus utama dalam menjalankan usahanya, yaitu kualitas produk, saluran distribusi, dan layanan purna jual, Sharp Indonesia selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik sebagai bentuk apresiasi terhadap kesetiaan konsumen dalam memilih produk Sharp.

“Terima kasih kami ucapkan pada konsumen yang telah memberikan apresiasinya kepada kami, kemenangan ini menjadi motivasi bagi kami untuk dpat memberikan layanan yang jauh lebih baik lagi,” katanya.

Tidak hanya berfokus pada penjualan, sepanjang tahun 2020 Sharp Indonesia pun banyak melakukan kegiatan sosial sebagai kontribusinya terhadap kesejahteraan dan kesehatan masyakakat Indonesia.

Salah satunya, kegiatan sosial bertajuk ‘Bakti Untuk Negeri: Terima Kasih Pahlawan Kesehatan Indonesia’, berkolaborasi dengan yayasan nirlaba Human Iniatitive, Sharp mendonasikan ratusan Air Purifier, APD, sembako, vitamin, hingga bantuan pendidikan bagi keluarga tenaga kesehatan di Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengapresiasi upaya para tenaga kesehatan yang telah berjuang di garda terdepan dalam menekan penyebaran Covid-19, dedikasi yang mereka lakukan dalam menjalankan tugas merawat pasien sangatlah luar biasa.

Melalui program CSR ‘Bakti Untuk Negeri: Terima Kasih Pahlawan Kesehatan Indonesia’ ini, Sharp mendapatkan penghargaan Human Initiative Awards 2020 yang diumumkan secara virtual pada 10 Desember lalu, bersamaan dengan perayaan hari jadi Human Initiative ke-21.

Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh team Human initiative, Sharp Indonesia berhasil meraih kategori Perusahaan Nasional Program Kesehatan Terbaik. Melibatkan Board of Director Human Initiative sebagai juri, Sharp mendapatkan apresiasi atas kepeduliannya tersebut.

Sharp juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan apresiasi atas upaya yang kami lakukan di sepanjang tahun 2020. Sharp dapat bertahan akibat kerja sama lintas departemen yang bekerja sangat baik, serta dukungan berkelanjutan dari partner, supplier dan pemerintah.

“Mewakili segenap manajemen dan karyawan Sharp Indonesia, Saya mengucapkan selamat merayakan Natal dan tahun baru, semoga tahun 2021 menjadi tahun kebangkitan bagi kita semua,” pungkasnya. (Ega/yud)




  • Bagikan