Sholat Jumat, Perdana Gate King Abdullah Dibuka

  • Bagikan
salah satu sudut ornamen King Abdullah Gate. Foto-foto Liris Vawina/radarlampung.co.id

Laporan GM Radar Lampung

Liris Vawina, Makkah 

radarlampung.co.id-Pemerintah Arab Saudi telah melakukan renovasi Masjidil Haram. Dan sebagian area King Abdullah Gate sudah mulai dibuka pada saat salat Jumat WAS.

GM Radar Lampung Liris Vawina melaporkan, pembukaan sisi bangunan baru tersebut mengingat jamaah calon haji yang memadati real masjidil haram.

“Walau tampak belum 100 persen pembangunan ini selesai. Tetapi sudah sangat nyaman bagi jamaah,” ucapnya Jumat (26/7).

Dari pantauan sepanjang siang, hampir seluruh pelataran masjid disesaki jamaah. Para jamaah calon haji tersebut berasal dari negara India, Pakistan Nigeria, Indonesia dan negara lainnya.

“Kemewahan masjid area baru ini sangat terasa. Mulai dari pilar-pilar granit yang dari penampakannya terlihat sangat berkualitas, lampu gantung serta ornamen masjid,” katanya.

Baca Juga:   Positif Covid-19 di Tanggamus Tambah 66 Kasus, Empat Meninggal Dunia
salah satu sudut ornamen King Abdullah Gate. Foto-foto Liris Vawina/radarlampung.co.id

Untuk bisa masuk ke dalam masjid dapat diakses dari sisi kiri pintu utama. Meskipun suhu mencapai 44 derajat celcius, namun suasana sejuk terasa di dalam. Pemerintah Arab Saudi telah melengkapi area baru tersebut dengan AC yang terpasang di berbagai sudut masjid.

Diketahui, perluasan bagian utara masjid ini dilaksanakan sejak Agustus 2011 lalu. Gate ini dinamai dengan nama almarhum Raja Abdullah. Dari informasi yang dihimpun radarlampung, biaya perluasan Masjidil Haram mencapai USD 10,6 juta. Dan daya tampung masjid dengan adanya area baru ini bisa mencapai 2,5 juta jamaah.(ris/abd/wdi)




  • Bagikan