Siap-siap, Ada 50 Paket Akan Tender di APBD Perubahan

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Biro Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Sekretariat Provinsi (Setprov) Lampung, mulai melakukan persiapan tander paket untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun anggaran 2021.

Kepala BPBJ Setprov Lampung, Slamet Riadi mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan proses tender APBD Perubahan. Ia memperkirakan ada sekitar 50 paket yang akan di tender, dari beberapa organisasi prangkat daerah (OPD).


“Lagi persiapan, ada sekitar 50 paket. Seperti Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi sekitar 13 paket, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air sekitar 33 paket. Sisanya tersebar dibeberapa dinas,” ujarnya kepada Radarlampung.co.id.

Untuk saat ini, kata Slamet, OPD yang memiliki pekerjaan untuk ditender tengah melakukan persiapan. Seperti acuan kerja, dan lainnya. “Kalau sekarang untuk yang dari APBD Perubahan belum ada yang di tander. Biasanya pekerjaan di perubahan ini yang jangka waktu cepat atau tidak terlalu berat,” ucapnya.

Baca Juga:   OPD Pemprov Mulai Terapkan Aplikasi Peduli Lindungi

Ia pun memperkirakan total paket yang ditender tahun ini sekitar 500 paket, meningkat dibanding tahun lalu. “Plus minus sekitar 500 an paket yang tender termasuk perubahan. Meningkat dari tahun lalu yang gak sampai 400 paket,” terangnya.

Mantan Kepala Bagian PBJ Setkab Pesawaran ini, melanjutkan bahwa pihaknya memastikan jika proses tender proyek di lingkungan pemerintah Provinsi Lampung sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 12 Tahun 2021 tentang pengadaan barang dan jasa.

“Pengadaan barang dan jasa ini sudah jelas ada dalam Perpres Nomor 12 Tahun 2021 dan juga melalui LPSE. Jadi ketika sudah tayang di LPSE maka terbuka untuk umum dan perusahaan mana saja boleh mengikuti tender asal berkompeten,” terangnya.

Baca Juga:   Gubernur Arinal Sampaikan Ini ke Menteri BUMN Erick Thohir

Diketahui hingga akhir September ini, realisasi pelaksanaan pelelangan barang/jasa yang bersumber dari dana APBN, APBD, dan BLUD TA 2021 telah mencapai 464 paket yang ditender, dengan nilai DPA Rp.783.594.363.193 dan nilai HPS Rp.778.449.536.848.

Dari total paket tersebut, 425 paket dengan nilai HPS Rp.738.566.893.913 telah selesai proses tender. Sedangkan 39 paket lainnya dengan nilai Rp.39.897.747.350 masih dalam proses tender. OPD terbanyak yang tender, yaitu Dinas BMBK sebanyak 149 paket.(pip/yud)




  • Bagikan