Siap-siap, Bulan Ini PKH Mulai Pencairan


ILUSTRASI INTERNET

RADARLAMPUNG.CO.ID – Penyaluran Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) mulai bakal disalurkan ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH pada bulan ini.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Aswarodi mengaku dalam waktu dekat bakal mulai pencairan. “Insyaallah di bulan ini, nantinya segera disalurkan,” ungkap Aswarodi, Rabu (16/3).





Untuk penerima tahap awal, PKH di Lampung masih dalam proses verifikasi. Sementara jumlah penerima PKH 2022, sama dengan penerimaan pada 2021 lalu. Di mana pada 2021 ada 454.690 KPM di Lampung.

“Untuk tahun ini tidak ada penambahan penerima KPM. Karena kuota nya telah ditentukan. Namun, untuk pengurangan bisa saja terjadi karena adanya KPM yang masuk graduasi,” bebernya.

Nantinya, penyaluran PKH melalui bank himbara. Sehingga masyarakat yang masuk kategori bisa langsung mengambil bantuan tersebut.

Saat ini, Aswarodi menyebut pihaknya tengah berproses dari pusat untuk melihat dan mendata dari komponen PKH itu sendiri. “Dari kementrian masih minta data ke kita, jadi sekarang masih proses verifikasi data,” ujar dia.

Dalam verifikasi dilakukan validasi penerima bantuan. Terutama dilakukan pendataan jika penerima misalnya sudah meninggal dunia, memiliki alamat baru, bahkan mengurangi penerima bantuan yang ganda.

“Selanjutnya, penyaluran PKH akan dilakukan sebanyak empat tahap pada tahun ini. Karenanya kita masih menunggu, secepatnya akan disalurkan,” lanjutnya. (rma/yud)