Siap-siap, Pemprov Lampung Bakal Gelar Pasar Murah

  • Bagikan
Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Provinsi Lampung M. Zimmi Skill. Foto Rimadani Eka Mareta/radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID-Menghadapi bulan puasa dan lebaran idul Fitri 1442 H, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Lampung bakal menggelar 5 kali pasar murah. Nantinya, beberapa bahan pokok yang dijual akan mendapatkan subsidi khusus dari Pemprov Lampung.

Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Provinsi Lampung M. Zimmi Skill mengatakan Pemprov Lampung dibawah kepemimpinan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bakal menggelar pasar murah. Nantinya Pemprov Lampung menyiapkan dana khusus untuk menyubsidi beberapa bahan pokok yang dijual agar bisa membantu masyarakat kurang mampu menghadapi puasa dan lebaran dan berimbas pada inflasi.

“Jadi pasar murah ini kan tujuannya untuk membantu masyarakat kurang mampu menghadapi puasa dan lebaran dan berimbas pada inflasi. Maka itu, kami menyiapkan pasar murah dengan memberikan subsidi pada beberapa bahan pokok,” jelas Zimmi yang ditemui di Hotel Aston, Rabu (31/3).

Baca Juga:   Dapat Bantuan Oksigen, Gubernur Lampung : Mokaseh, Gubernur Sumsel

Subsidi ini, tambah Zimmi disiapkan khusus oleh Pemprov Lampung melalui Disperindag yang dananya berasal dari APBD 2021 untuk membantu masyarakat yang kurang mampu. Sehingga masyarakat kurang mampu bisa membeli bahan pokok dibawah HET (harga eceran tertinggi).

Pemilihan lima lokasi pasar murah ini, menurut Zimmi belum dilakukan. Hanya saja sudah ada dua daerah yang mengajukan yaitu Pringsewu dan Lampung Utara.

Kemudian Pemprov Lampung sendiri fokus pada daerah yang pada 2020 belum mendapatkan bagian pasar murah dari Pemprov Lampung. Juga, daerah yang tidak melaksanakan pasar murah didaerahnya yang dilakukan langsung oleh Pemda setempat.

“Kami sudah berikan arahan ke kabupaten/kota, untuk mengajukan surat pelaksanaan pasar murah. Tapi kalau seperti Bandarlampung kemarin kan sudah kita jalankan pasar murah, kita upayakan daerah lain dulu. Begitu juga seperti Lampung Selatan, mereka sudah mau buat pasar murah 17 titik, maka tidak akan buka di lokasi itu,” lanjutnya.

Baca Juga:   Anggota DPRD Lampung Sarankan Masa Pemutihan PKB Diperpanjang, Sepakat ?

Meskipun demikian, pelaksanaan pasar murah ini juga tetap menyediakan harga bahan pokok sesuai HET. Seperti beras, minyak makan, telur, tepung terigu, LPG 3 kg dan gula. Beberapa distributor juga siap dihadirkan, seperti Bulog, Gunung Madu Permai, dan perusahaan lainnya.

“Jadi tidak hanya masyarakat kurang mampu hanya bisa membeli dengan harga murah, tapi juga masyarakat lainnya bisa juga beli sesuai HET,” tambahnya. (rma




  • Bagikan