Siap-siap Pilkades Serentak di Pesawaran


radarlampung.co.id – Dalam waktu dekat, Pemkab Pesawaran menetapkan penjabat (Pj.) kepala desa yang akan menyiapkan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun ini.

“Untuk sementara, ada 12 desa di Kecamatan Gedongtataan yang kita tetapkan Pj. kepala desa pada 26 Juni  ini. Baru 12 desa yang jabatan kepala desanya sudah masuk akhir masa jabatan (AMJ). Semua desa yang akan pilkades dan jabatan kadesnya sudah AMJ segera ditetapkan Pj. kades,” kata Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setkab Pesawaran Isroni Mihradi, Sabtu (15/6).





Isroni menyatakan, pihaknya sudah menyurati dan meminta masing-masing kecamatan untuk membentuk panitia Pilkades tingkat desa. Panitia tersebut dibentuk oleh BPD yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat.

“Selain itu, kita juga meminta kepada camat untuk bisa mengusulkan Pj. kades yang akan dilantik. Ini memang kewenangan dari kecamatan,” ucapnya.

Dijelaskan, dari 144 desa di Pesawaran, ada 80 desa yang akan menggelar pilkades serentak pada 2019. Jika tidak ada perubahan, akan dilaksanakan 21 Oktober mendatang.

Pendaftaran calon kades akan dimulai bulan depan. Persyaratannya, WNI dengan minimal usia 25 tahun dan memiliki ijazah minimal SMP. “Sesuai regulasi, calon kades juga akan dibatasi. Minimal ada dua kandidat dan maksimal lima orang. Jika lebih, akan dilakukan seleksi tertulis,” urainya. (ozi/ais)