Siapkan 1.330 Komputer untuk UTBK-SBMPTN


RADARLAMPUNG.CO.ID – Perguruan tinggi negeri (PTN) di Lampung mulai menyiapkan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2022. Antara lain perangkat komputer sebagai penunjang tes tertulis.

UTBK di Lampung dilaksanakan serentak di Universitas Lampung (Unila) dan Institut Teknologi Sumatera (Itera) pada 17-19 Mei mendatang.





Humas panitia lokal (Panlok) UTBK-SBMPTN Unila Muhammad Komaruddin mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya telah mempersiapkan sejumlah hal terkait perangkat yang akan digunakan.

“Sebelum Lebaran, kita sudah lakukan uji coba. Nampaknya dalam waktu dekat akan kita lakukan lagi tempat-tempat yang akan dijadikan lokasi tes. Terbanyak di UPT TIK dengan 290 komputer,” kata Muhammad Komaruddin kepada Radarlampung.co.id di Rektorat Unila, Senin (9/5).

Baca Juga:   Tim PKM UTI Kenalkan Aplikasi Canva Kepada Masyarakat Desa Binaan

Selain UPT TIK, ada empat tempat yang digunakan untuk lokasi tes tersebut. Yakni FEB dengan 130 komputer, FK (85 komputer), FMIPA (175 komputer)  danUPT Bahasa dengan 50 komputer.

“Total ada 730 komputer atau PC untuk tes yang akan dilakulan dalam dua tahap atau gelombang. Nanti akan kita sampaikan bagaimana sesinya,” urainya.

Sejauh ini, Unila sudah menerima pendaftar UTBK-SBMPTN sebanyak 30 ribu lebih peserta. Jumlah itu naik dibanding tahun lalu sebanyak 26.502 peserta.

Terpisah, Koordinator Pelaksana UTBK Itera Alviyanda menyampaikan, tes dipusatkan Gedung Kuliah Umum (GKU) dan Gedung Laboratorium Teknik (GLT).

“Itera menyiapkan sebanyak 600 komputer dengan spesifikasi sesuai yang dipersyaratkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Total peserta terdiri dari 2.031 peserta Saintek, 649 Soshum dan 238 peserta campuran,” ungkapnya. (mel/ais)

Baca Juga:   Tiba di Indonesia, Vina Temui Rektor UTI