Siapkan 100 Ribu Ekor Ikan Nila untuk Restocking Dua Embung

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO NET

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Perikanan Lampung Barat kembali memprogramkan tabur benih ikan (restocking) sebagai upaya penambahan stok ikan tangkapan tahun ini. Sasarannya dua embung di Pekon Buaynyerupa, Kecamatan Sukau dan embung di Pekon Sukabanjar, Kecamatan Lumbokseminung.

Kepala Dinas Perikanan Lambar Kamaluddin mengungkapkan, untuk program restocking tahun ini, pihaknya menyiapkan sebanyak 100 ribu ekor benih ikan nila.

Dua embung itu dipilih berdasar usulan yang sudah disampaikan pekon. ”Kalau tahun-tahun sebelumnya di embung yang ada Kebuntebu dan kecamatan lainnya,” kata

Dijelaskan, tujuan dari restocking, selain menambah stok ikan agar dapat dipanen sebagai ikan konsumsi , juga mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang.

Baca Juga:   Camat Bersama TNI dan Polri Semangati Warga yang Isoman

Kemudian salah satu upaya kegiatan perikanan dalam memanfaatkan sumber daya secara berkesinambungan sehingga perlu dilakukan secara bijaksana.

”Tujuan restocking selain menambah stok ikan agar dapat dipanen sebagai ikan konsumsi, juga bertujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum. Khususnya sungai sebagai ekosistem akuatik yang seimbang,” tegasnya.

Nantinya, pengelolaan ikan pada kedua embung tersebut akan diserahkan kepada pekon dan memanfaatkannya untuk kepentingan masyarakat. (nop/ais)

 




  • Bagikan