Siapkan Benih Padi Bantu Petani

  • Bagikan
ILUSTRASI INTERNET

radarlampung.co.id- Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Hortikultura Lampung Tengah (Lamteng) menyiapkan benih padi dialokasikan untuk 1.000-an hektare lahan pertanian. Benih padi ini untuk membantu petani yang tanaman padinya rusak akibat banjir.

“Kita sudah sediakan benih padi untuk membantu petani yang sawahnya rusak akibat banjir. Benih padi yang kita sediakan untuk 1.000-an hektare lahan pertanian,” kata Plt. Kadistan TPH Lamteng Edi Daryanto, jumat (25/1).

Teknis pemberian bantuan bibit, kata Edi, berdasarkan luas sawah yang terkena banjir. “Disesuaikan dengan luas sawah yang kena banjir. Ini biar petani tak mengalami kerugian cukup besar akibat banjir,” ujarnya.

Alokasi bantuan benih tahun ini, kata Edi, lebih besar dari tahun lalu. “Lebih besar dari tahun lalu. Kalau tahun lalu hanya untuk lahan pertanian sekitar 500-an hektare,” ungkapnya.

Selain benih padi, kata Edi, pestisida juga disediakan untuk memberantas hama padi. “Kita siapkan juga pestisida untuk memberantas hama padi,” katanya.

Edi melanjutkan, Distan TPH mengimbau petani menggunakan pupuk organik agar produktivitas hasil pertanian meningkat. “Kita imbau gunakan pupuk organik agar kualitas tanah pertanian lebih bagus dan meningkat. Kalau terus-terusan pakai pupuk nonorganik, lama-lama produktivitas hasil pertanian bisa menurun,” imbaunya. (sya/wdi)




  • Bagikan