Siapkan Fasilitas dan SDM untuk Media Market

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Upaya mewujudkan media market berbasis android harus ditunjang fasilitas pendukung dan sumber daya manusia (SDM) yang akan mengelola data server. Fasilitas yang dibutuhkan di antaranya hardware dan software untuk server tempat memyimpan semua informasi. Termasuk SDM yang bertugas menjadi admin.

“Admin ini yang nanti bertugas mengupdate harga tapis, harga bahan pokok dan produk lainnya secara berkesinambungan,” kata tim dari IIB Darmajaya Joko dalam pertemuan dengan Pemkab Pesawaran, Senin (7/1). Pertemuan tersebut terkait rencnaa pemasaran hasil kerajinan industri kecil menengah (IKM) melalui aplikasi android.

Sementara Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Yosa Rizal mengatakan, terobosan yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan merupakan langkah untuk mendukung penyelenggaraan pemerintah berbasis elektronik. Khususnya dalam hal promosi

“Selain promosi, nantinya ada kegiatan transaksi melalui aplikasi tersebut. Nah, apakah melibatkan pihak ketiga dalam mengelola media market,itu akan dibahas lebih lanjut,” ujarnya.

Yoza menuturkan, aplikasi yang digagas oleh Disperindag harus terintegrasi dengan server di Dinas Kominfo sebagai organisasi perangkat daerah (OPD) yang bertanggungjawab mengelola informasi berbasis IT.

”Saya yakin, dengan terobosan ini proses penyelenggaran perindustrian dan perdagangan akan lebih baik kedepannya,” tegasnya.

Ditambahkan Kepala Bagian Hukum Susi Patminingtyas, satu-satunya OPD yang telah menindaklanjuti MoU Pemerintah Kabupaten Pesawaran dengan IIB Darmajaya adalah  Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

”Banyak MoU yang telah dilaksanakan oleh pak bupati dengan seluruh pihak. Ini harus ditindaklanjuti melalui perjanjian kerja sama dengan pihak yang telah bekerja sama (MoU). Karena akan percuma jika tidak ada tindak lanjut oleh  seluruh OPD,” kata Susi. (ozi/ais)

 




  • Bagikan