Silabus Mulok Pendidikan Berkarakter Tubaba Akan Dideklarasikan

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, akan mendeklarasikan Silabus Muatan Lokal (Mulok) Pendidikan Berkarakter Tubaba pada tahun ajaran 2021/2022. Demikian itu disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Badri, didampingi Kasi SD dan SMP Qodhi, mewakili Kepala Disdikbud setempat, Rabu (23/6).

Dikatakan Badri, bahwa Silabus Mulok Pendidikan Berkarakter Tubaba tersebut akan dijadikan Mata Pelajaran khusus sebagai Mulok khas daerah Tubaba yang akan diajarkan pada peserta didik mulai tahun ajaran baru ini.

“Pada tanggal 14-17 Juni 2021 lalu kita sudah melakukan tahap penyusunan Silabus bersama unsur-unsur terkait, seperti Penilik, Pengawas, Guru TK, Guru SD, dan SMP. Kemudian, bahan-bahan sudah kita kumpulkan bersama Tim, dan tahapan selanjutnya kita akan mengadakan proses perumusan dalam 1 atau 2 Minggu ini, untuk kemudian tim perumus mempresentasikan kepada Disdikbud apakah Silabus sudah layak dideklarasikan atau perlu perbaikan lagi,” ujarnya.

Baca Juga:   Polda Lampung-UTI kembali adakan gerai Vaksin Presisi di UTI

Sementara itu, disampaikan Qodhi, bahwa nantinya setelah Silabus itu jadi, maka akan disusunlah materi bahan ajar. Yang mana Silabus Mulok Pendidikan Berkarakter Tubaba ini pada intinya terdapat 4 Komponen ajaran yang memuat yakni, 1) Falsafah masyarakat Tubaba yang dikenal dengan prinsip Nemen, Nedes, Nerimo, Sederhana, Setara, Lestari, (Nenemo SSL), 2) Anti Korupsi, 3) Pendidikan Berlalu Lintas, dan 4) Pendidikan Karakter.

“Targetnya, Mulok tersebut direncanakan akan dideklarasikan dalam Bulan Juli 2021 ini. Dan kita juga sudah meminta kepada seluruh Kepala UPT baik tingkat TK, SD, dan SMP, agar menyediakan jam tambahan sebanyak 2 jam dalam seminggu khusus untuk Mata Pelajaran Mulok Tubaba,” katanya.

Baca Juga:   Gelombang Pertama, UIN RL Terima 1.007 Peserta Jalur Mandiri

Lanjut dia, adapun untuk tenaga kependidikan atau guru yang akan mengajarkan Silabus Mulok Pendidikan Berkarakter Tubaba tersebut, akan diambil dari Guru pengajar Mulok yang sudah ada di Sekolah, sehingga tidak ada tambahan Tenaga Pendidik.

“Mulok yang sedang disusun ini sejalan juga dengan Perpres nomor 87 tahun 2019 tentang penguatan pendidikan karakter. Oleh karenanya, melalui Mulok yang akan kita Deklarasikan ini diharapkan generasi kedepan dapat menjadi manusia-manusia yang memiliki kepribadian lebih baik, guna menuju Kabupaten Tubaba yang Terdepan, Optimis, dan Pasti Maju.” Imbuhnya. (fei/rnn/wdi)




  • Bagikan