Sinergi Bangun Daerah, Azis Syamsuddin: Dirgahayu Provinsi Lampung

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Hari ini, Kamis (18/3) bertepatan dengan hari ulang tahun ke-57 Provinsi Lampung. Energi mewujudkan percepatan pembangunan tentu tidak bisa dipikul oleh Pemerintah Daerah semata. Gotong-royong menjadi kunci keberhasilan membangun daerah.

Wakil Ketua DPR RI, M. Azis Syamsuddin menjelaskan, Lampung sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera, harus tampil lebih baik dari tahun ke tahun. Sumber daya alam dan sumber daya manusia, menjadi tumpuan kemajuan daerah. “Kami akan terus memberikan dukungan atas langkah yang digagas,” ungkap Azis dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/3).


Menurutnya, setelah sektor pertanian, Lampung memiliki potensi alam yang bisa dikembangkan. DPR terus mendorong bangkitnya sektor wisata di Lampung seperti percepatan pembangunan Bakauheni Harbour City yang diharapkan terealisasi tahun 2022.

“Kedepan, Bakauheni Harbour City di Lampung Selatan akan dibangun seperti Krakatau Park, tidak kalah dengan Dunia Fantasi di Jakarta. Alhamdulillah ini juga sudah direspon oleh Kementerian BUMN, dengan peninjauan secara langsung ke lokasi oleh Wamen BUMN,” terang Azis Syamsuddin.

Kawasan wisata terpadu Bakauheni Harbour City, akan semakin lengkap dengan dibangunnya masjid di depan Menara Siger, Bakauheni. “Jika dari kalkulasi waktu, kawasan itu memang membutuhkan 3 sampai 4 tahun target penyelesaiannya,” imbuhnya.

Baca Juga:   Dukung Permodalan UMKM Sebagai Penopang Perekonomian Nasional

Azis berharap dorongan dan langkah yang disambut baik Kementerian BUMN, juga direspon oleh Pemerintah Daerah. “Pembangunan yang digagas dan potensi yang ada di sekitar kawasan, diharapkan mendatangkan sumber penghasilan bagi masyarakat,” tutur Wakil Rakyat dari Dapil Lampung II ini.

Selain potensi wisata, Azis Syamsuddin juga mendorong PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) untuk terus mengembangkan panas bumi di kawasan Ulu Belu, Tanggamus. Ini merupakan jalan untuk menjaga pasokan listrik dari pembangkit yang telah dioperasikan.

“Jika produksi setara listrik panas bumi sebesar 4.618 GigaWatt hours (GWh) yang dihasilkan atau lebih tinggi 14 persen dari target yang ditetapkan pada tahun 2020 tentu saja ini kabar baik. Pasokan terjaga,” tuturnya.

DPR juga telah meminta PGE berkomitmen meningkatkan produksi energi ramah lingkungan dalam program bauran energi nasional menjadi 23 persen pada 2025, terkhusus energi panas bumi di Provinsi Lampung. “Komitmen ini yang selalu kita kawal, agar terjadi pemerataan penerangan di seluruh daerah di Lampung,” ucapnya.

Baca Juga:   11 CASN Dijadwalkan SKD Ulang Gegara Terpapar Covid-19

Azis Syamsuddin berharap, dalam upaya memutus mata rantai sebaran wabah Virus Corona (Covid-19), DPR juga terus mendorong adanya percepatan suplai vaksin ke daerah. Terakhir data yang diterima, Lampung mendapatkan 18.840 vial vaksin COVID-19 termin kedua bagi pelaksanaan vaksinasi tahap dua.

“Dari informasi yang saya dapatkan kemarin, Alhamdulillah Provinsi Lampung menerima vaksin COVID-19 termin kedua bagi vaksinasi tahap kedua. Harapannya, vaksin tersebut segera didistribusikan kepada 15 kabupaten dan kota,” pinta Azis.

Dengan datangnya vaksin COVID-19 termin kedua, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan vaksin tahap kedua bagi petugas pelayanan publik serta orang lanjut usia. Untuk tahap kedua ini sasaran vaksinasi ada 79.889 orang yang terbagi menjadi 34.592 orang lansia serta 45.296 orang petugas pelayanan publik.

“Tentu kita berharap upaya mempercepat vaksinasi berjalan dengan baik dan lancar. Ini bagian dari ikhtiar bangsa dalam upaya pemulihan ekonomi dan menjaga kesehatan masyarakat,” tutup Azis Syamsuddin. (rls/yud)




  • Bagikan