Sinergikan dengan Program Pemerintah, DPMK Evaluasi Rancangan APBKam

  • Bagikan
Tim Evaluasi Kabupaten dan DPMK Tulangbawang melakukan evaluasi rancangan APBKam. FOTO DOK. DPMK TULANGBAWANG 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Tim evaluasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) setempat mulai melakukan evaluasi rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKam) tahun 2021.

Hal tersebut dilakukan agar program yang tertuang dalam APBKam selaras dengan program pemerintah provinsi dan kabupaten. Evaluasi dilakukan juga untuk menyesuaikan rancangan APBKam dengan regulasi terbaru.


“Kami juga meneliti kelengkapan dokumen perencanaan dan melihat kegiatan kampung yang disesuaikan dengan asas kepatuhan, efisiensi serta prioritas,” kata kepala DPMK Tulangbawang Yen Dahren kepada radarlampung.co.id, Jumat (29/1).

Setelah evaluasi, pemerintah kampung diminta untuk segera melaksanakan musyawarah kampung tentang penetapan rancangan APBKam menjadi APBKam. “Setelah itu kepala kampung baru bisa menyusun persyaratan untuk pengajuan penyaluran dana desa tahap 1 sebesar 40 persen,” terang mantan kepala Kesbangpol.

Baca Juga:   Miliki Peran Strategis, Pemkab Tuba Minta Operator Kampung Melek Teknologi

Pada tahun anggaran 2021, pemerintahan kampung diharapkan untuk menganggarkan kegiatan dalam rangka pemulihan ekonomi dampak covid-19, seperti bantuan langsung tunai (BLT) dana desa serta padat karya tunai. (nal/sur)




  • Bagikan