Situs PPDB SMA/SMK Sempat Sulit Diakses, Wali Murid Sambangi Sekolah

  • Bagikan
Website pendaftaran PPDB SMA/SMK di Provinsi Lampung sempat down pada Senin (14/6) pagi, membuat beberapa wali murid dan calon siswa berdatangan ke sekolah. Foto Rimadani Eka Mareta/radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID-Laman pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi Lampung pada hari pertama, Senin (14/6) pagi hingga siang sempat sulit diakses. Alhasil, calon siswa dan wali murid berdatangan mengunjungi sekolah untuk berkonsultasi pada posko PPDB yang disediakan di sekolah.

Seperti yang dilakukan Siti saat ditemui di halaman SMA Negeri (SMAN) 8 Bandarlampung. Warga Gedong Pakuon, Telukbetung Selatan tersebut datang membawa sejumlah berkas pendaftaran anaknya, Ahmad Rizky. Siti menyebut dirinya terkendala server yang tak kunjung dapat diakses saat mencoba mendaftar dari rumah.

Alasannya datang karena takut, anaknya tidak mendapatkan kuota di SMAN 8 Bandarlampung berdasarkan jalur zonasi. “Iya, saya kesini takut anak saya ini nggak kebagian kuotanya, makanya saya kesini mau tanya. Tadi juga saya nggak bisa buka webnya, NISN (nomor induk siswa Nasional) anak saya juga tidak bisa diakses tadi,” beber Siti.

Namun, sesampai dirinya di sekolah, tetap diminta untuk mendaftarkan melalui website https://lampung.siap-ppdb.com/. Menurutnya, petugas meminta untuk dirinya mengecek secara berkala website tersebut. “Ini kami diminta kembali mengecek dari rumah saja. Tidak bisa mendaftar melalui sekolah,” tambahnya.

Baca Juga:   Gelombang Pertama, UIN RL Terima 1.007 Peserta Jalur Mandiri

Hal serupa dilakukan Yayat, warga Rajabasa, Bandarlampung. Dirinya sejak pagi sulit mengakses website pendaftaran PPDB SMA/SMK. Hal itu membuat dirinya memutuskan berkonsultasi pada guru di SMAN 5 Bandarlampung, di mana anaknya mendaftar.

“Saya konsultasi dengan gurunya, ternyata memang jika ada sedikit kendala kami diminta membuka website berkala. Saya sempat panik, karena takut anak saya nggak dapat kuota yang zonasi,” jelas Yayat, Senin (14/6).

Salah satu calon siswa, Dwi Oktavia, yang hendak mendaftar di SMKN 3 Bandarlampung juga mengunjungi sekolah pada Senin pagi. Dwi -sapaan akrab Dwi Oktavia- ini juga mencoba mendatangi sekolah karena cukup kesulitan mengakses website pendaftaran PPDB SMA/SMK.

“Saya coba kadang-kadang websitenya bisa, tapi kadang nggak bisa lagi. Ini barusan sudah bisa lagi, tapi temen saya coba belum bisa. Jadi harus mengecek terus,” jelas Dwi.

Menanggapi adanya sejumlah wali murid atau calon siswa yang ke sekolah, Kepala SMKN 3 Bandarlampung Elen Eduan mengungkapkan pada pendaftaran PPDB SMA/SMK 2021 yang sekolahnya berada di Bandarlampung seluruhnya dilakukan secara dalam jaringan (daring).

Namun, masing-masing sekolah menyiapkan posko khusus untuk konsultasi wali murid atau siswa yang mengalami kendala pendaftaran. “Iya memang kami ada posko di sekolah, yang melibatkan guru dan anggota OSIS (organisasi siswa intra sekolah). Silahkan bagi orang tua atau calon siswa kita yang ingin berkonsultasi di sekolah dipersilahkan, posko kami buka dari pagi hingga pukul 12.00 WIB,” jelas Elen.

Baca Juga:   Itera Bahas Adaptasi Tataan Geologi Sumatera

Elen menegaskan, petugas akan membantu mengarahkan pendaftaran PPDB. Namun tidak bisa menerima pendaftaran secara luar jaringan (luring). “Kami hanya membantu saja, tapi pendaftaran tetap dilakukan secara daring,” tambahnya.

Menanggapi website pendaftaran PPDB SMA/SMK di Lampung yang sempat sulit di akses, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Tommy Efra Handarta meminta orang tua dan calon siswa untuk mengecek website pendaftaran PPDB melalui laman https://lampung.siap-ppdb.com/ secara berkala.

“Mungkin karena hari pertama ya, banyak sekali yang akses. Kami minta orang tua dan calon siswa untuk mengecek secara berkala. Tapi kami akan berkoordinasi dengan Telkom ya, karena dalam penyediaan website kami bekerja sama dengan Telkom,” jelas Tommy, yang dikonfirmasi Senin (14/6).

Dirinya mengaku akan berkoordinasi dengan PT Telkom untuk menjaga kestabilan website PPDB SMA/SMK 2021 agar calon siswa yang mendaftar secara daring tidak terganggu. (rma/wdi)




  • Bagikan