SLB PKK Kini Menjadi SLB Negeri Provinsi Lampung

  • Bagikan
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan jajarannya foto bersama usai meresmikan sekolah luar biasa (SLB) negeri PKK provinsi Lampung di aula gedung sekertariat TP. PKK prov. Lampung, Kamis (24/6). Foto M. Tegar Mujahid/Radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID-Sekolah Luar Biasa (SLB) PKK Provinsi Lampung yang sebelumnya dikelola TP PKK Provinsi Lampung kini telah beralih menjadi SLB Negeri PKK Provinsi Lampung. Peresmian dilakukan di Sekretariat TP PKK Provinsi Lampung, pada Kamis (24/6). Arinal, meresmikan langsung sekolah tersebut.

Pasca berubahnya status SLB PKK Negeri Provinsi Lampung, Arinal berharap dapat mendorong perkembangan dan peningkatan mutu sekolah, serta sebagai wujud kontribusi nyata bagi penyelenggaraan pendidikan khusus di Provinsi Lampung.

Peresmian ini juga sebagai wujud komitmen dan perhatian Gubernur Arinal terhadap anak penyandang disabilitas di Provinsi Lampung, yang juga merupakan misi Rakyat Lampung Berjaya poin ketiga yakni mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan dan kaum difabel.

“Pendidikan adalah satu pilar penting dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Pendidikan juga memiliki peran yang sangat strategis dalam perkembangan suatu bangsa. Oleh karena itu, pemerintah sebagai pemegang kebijakan berusaha untuk menyelenggarakan sistem pendidikan yang merata di semua daerah tanpa terkecuali,” beber Arinal.

Baca Juga:   Satgas Covid-19 Provinsi Lampung Salurkan Bantuan Sembako

Apalagi ?eberadaan SLB pada hakikatnya merupakan wujud dari kesadaran keberagaman masyarakat terhadap pentingnya mempersiapkan anak-anak berkebutuhan khusus yang juga sebagai generasi masa depan untuk memiliki kompetensi dan kemampuan keterampilan yang baik.

“Sekolah luar biasa merupakan lembaga pendidikan yang memerlukan perhatian dan pembinaan dalam pengembangannya yang berkelanjutan. Dan ini menjadi tanggungjawab kita semua, karena peserta didik pada sekolah luar biasa juga merupakan putra putri daerah yang akan berperan dalam pembangunan Provinsi Lampung dimasa mendatang,” ujar Arinal.

Pengembangan sistem pendidikan khusus pada sekolah luar biasa perlu dikembangkan secara terpadu dengan menempatkan nilai-nilai keagamaan sebagai semangat yang mendasari semua usaha pendidikan. “Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung harus memberikan pengawasan, pendampingan dan memfasilitasi SLB Negeri PKK Provinsi Lampung ini,” jelasnya.

Turut hadir, Ketua PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal menyampaikan Tim Penggerak PKK akan terus mendukung perkembanagan para anak didik di SLB agar mereka tumbuh menjadi anak yang terampil dan kompeten. “Peresmian SLB PKK menjadi SLB Negeri ini diharapkan dengan dukungan Disdikbud Provinsi Lampung, dapat menjadikan sekolah rujukan seluruh SLB di Provinsi Lampung,” ujar Riana.

Baca Juga:   Gubernur serta Kada di Lampung Bakal Surati Presiden Desak Tambah Dosis Vaksin dan Obat Covid-19

Pada kesempatan itu, Gubernur Arinal dan Ibu Riana juga memberikan piagam penghargaan dan cinderamata kepada salah satu pendiri dan pengelola SLB Negeri PKK Provinsi Lampung Hj. Ida Mustika Zaini.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Sulpakar mengatakan paska berubahnya pengelolaan SLB PKK dari sebelumnya yayasan dan kini dibawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung. Maka tanggungjawab penuh ada di Pemprov Lampung.

Dengan begitu, harapannya banyak program yang bisa diarahkan dalam peningkatan mutu SLB PKK Negeri Lampung. “Kita harap dengan berubah ini bsa banyak program yang diarahkan untuk peningkatan mutu SLB baik dari APBD dan APBN. Terkait tenaga pendidik, bisa ditempatkan atas formasi yang memang semestinya dan dibenarkan akan pengangkatan akan ditempatkan disana Nantinya,” ungkap Sulpakar. (rma/wdi)




  • Bagikan