SMK Penyelenggara PPDB Luring Siapkan Website Sekolah hingga Posko untuk Pendaftaran Siswa

  • Bagikan
ILUSTRASI INTERNET

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pelaksanaan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2021/2022 di Lampung yang dimulai Senin (14/6) bakal dilakukan secara dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring).

PPDB melalui daring menggunakan website khusus yang disiapkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung: http://lampung.siap-ppdb.com. Sebanyak 135 SMA dan 13 SMK dapat diakses dalam laman tersebut. Namun, khusus PPDB SMK, hanya diikuti SMK yang berlokasi di Bandarlampung dan Metro saja yang ikut dalam jaringan (daring) menggunakan website .

Guna menunjang pelaksanaan PPDB, beberapa SMK di daerah yang tidak ikut dalam pendaftaran daring memilih melakukan inovasi. Mulai dari menciptakan website pendaftaran melalui laman milik sekolah, hingga menyiapkan posko pendaftaran di masing-masing sekolah.

Seperti yang dikatakan Harminto, Kepala SMKN 1 Kalianda, Lampung Selatan. Melalui website sekolah Http://ppdb.smkn1kalianda.sch.id pendaftaran bisa diakses. Namun, pihaknya juga menyiapkan posko khusus di sekolah bagi calon siswa yang memiliki kendala, baik sinyal maupun alat komunikasi untuk internet.

“Kalau kami masih menggelar secara campuran melalui website sekolah. Jadi calon siswa tidak mendaftar pada website yang disediakan Disdikbud Lampung. Namun di website sekolah, Http://ppdb.smkn1kalianda.sch.id,” ungkap Harminto.

Di sekolah juga, penerapan protokol kesehatan tetap diutamakan. Bagi siswa yang belum bisa mendaftar secara daring, dipersilahkan ke sekolah. Nantinya ada posko yang disiapkan.

Baca Juga:   Gelombang Pertama, UIN RL Terima 1.007 Peserta Jalur Mandiri

“Jadi di sekolah kami tahun ini menerima sekitar 540 calon siswa, dengan tujuh keahlian yang tersedia. Bagi siswa yang terkendala sinyak, bisa ke sekolah kemudian mengambil formulir yang telah disediakan di dalam boks khusus,” lanjut Harminto, yang dikonfirmasi Minggu (13/6).

Setelah mengisi formulir, bisa langsung dikembalikan pada panitia yang berjaga. Namun bagi pendaftar melalui website sekolah, nantinya akan tetap diminta menyerahkan dokumen asli sesuai yang didaftarkan melalui website.

“Jika sudah diterima, calon siswa tetap harus menyerahkan dokumen asli yang sebelumnya sudah didaftarkan,” tambah Harminto.

Penyediaan website sekolah dan posko di sekolah pada pendaftaran PPDB SMKN 1 Gedong Tataan, Pesawaran. Kepala SMKN 1 Gedong Tataan, Pesawaran Dwi Artini mengatakan pihaknya menyiapkan website sekolah berupa http://smkn1gedongtataan.sch.id/info-ppdb-2020/ yang dapat digunakan untuk pendaftaran PPDB.

Namun, bagi calon siswa yang berhalangan sinyal bisa langsung mendaftar ke sekolah. “Kami menggunakan website sekolah, kami tidak menggunakan website yang sudah ditunjuk (Disdikbud Lampung). Kami menggunakan laman milik sekolah. Tapi, kami juga memiliki posko di sekolah bagi calon siswa yang benar-benar terkendala sinyal,” jelas Dwi.

Hal itu dilakukan karena alasan kondisi beberapa daerah terdekat SMKN 1 Gedong Tataan berpotensi terkendala sinyal, karena lokasi yang cukup jauh. Namun, sekolah tetap menerapkan protokol kesehatan lengkap.

Pada tahun ini, Dwi mengatakan pihaknya menerima sebanyak 352 siswa dengan total delapan kompetensi keahlian, dengan target ada sebelas rombongan belajar (rombe).

Baca Juga:   September, Penetapan Direktur Polinela

Jumlah rombe sendiri, kaya Dwi, pihaknya berharap dapat bertambah jika dibandingkan tahun lalu. Mengingat SMKN 1 Gedong Tataan masuk dalam Sekolah Pusat Keunggulan (PK) di bidang agribisnis, tanaman pangan, hortikultura (ATPH).

“Jadi dari delapan kompetensi keahlian, mau saya ada yang satu keahlian dua rombe. Seperti ATPH saya berharap bisa dua rombe, kompetensi perikanan/agribisnis perikanan air tawar juga dua rombe. Dan jurusan teknik, komputer jaringan juga dua rombe. Sisanya, bisa dengan satu rombe saja,” tambahnya.

Ditambahkan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Provinsi Lampung Moh. Edy Harjito, pelaksanaan PPDB SMK memang banyak dilakukan melalui luring. Meskipun sekolah yang membuka pendaftaran melalui laman milik sekolah, Edy menyebut pelaksanaan PPDB dilakukan secara luring.

“Untuk yang daring, itu bersama di laman yang dikeluarkan Disdikbud Lampung melalui website http://lampung.siap-ppdb.com. Kalau pun melalui website sekolah, tetap dinyatakan luring,” jelas Edy.

Pemilihan pelaksanaan pendaftaran PPDB SMK banyak dilakukan luring sendiri karena calon siswa SMK nantinya tetap harus hadir di sekolah untuk menjalani tes khusus. “Tes ini tidak mungkin dilakukan daring, maka itu, dengan penerapan prokes (protokol kesehatan) lengkap maka akhirnya diputuskan untuk pelaksanaan pendaftaran PPDB-nya dibuat luring,” jelasnya. (rma/sur)




  • Bagikan