Lambar  

Soal BLT-DD Jadi Penyebab Peratin Incumbent Tumbang


Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus tiba di Kecamatan Batubrak untuk memimpin pelantikan peratin terpilih, Selasa (10/5).

RADARLAMPUNG.CO.ID – Tidak tepatnya sasaran penyaluran bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) menjadi salah satu penyebab kegagalan incumbent dalam pemilihan peratin (Pilratin) di Lampung Barat. Terlebih dalam penentuan keluarga penerima manfaat (KPM).

Hal ini disampaikan Bupati Lambar Parosil Mabsus usai memimpin prosesi pelantikan peratin terpilih di Kecamatan Batubrak, Selasa (10/5).





“Saat ini banyak peratin incumbent yang maju lagi, tapi gagal mempertahankan kursi kekuasaannya. Faktornya sederhana. Ada kecemburuan. Ada ketidakpercayaan masyarakat terkait dengan BLT DD. Ada yang mestinya dapat, tapi tidak dapat hanya karena faktor suka-tidak suka,” kata Parosil.

Padahal, terus Parosil, kebijakan dalam penyaluran BLT- DD merupakan kewenangan penuh peratin. Mulai dari penentuan penerima hingga proses penyalurannya.

Baca Juga:   Ini Jadwal Pemeriksaan Kesehatan CJH Lambar dan Pesbar

“Nah, disinilah seorang pemimpin diuji dan diukur kemampuannya dalam melihat persoalan serta menentukan kebijakannya. Jadi ke depan, semua harus berkaca dari pengalaman. Peratin harus benar-benar objektif dalam menentukan kebijakan. Jangan hanya karena faktor suka tidak suka. Justru yang layak, malah tidak tersentuh bantuan,” tegasnya. (edi/nop/ais)