Soal Dana PIP, Dewan Panggil Disdikbud dan Pihak Sekolah


SUMBER FOTO: WWW.KEMDIKBUD.GO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Komisi IV DPRD Pesawaran mengagendakan pemanggilan terhadap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta pihak SMPN 19 pekan depan. Ini terkait dugaan ketidaksesuaian penyaluran Program Indonesia Pintar (PIP) di sekolah itu.

“Minggu depan kita akan rapat internal di komisi untuk mengagendakan pemanggilan pihak terkait. Pertama meminta keterangan dari Dinas Pendidikan dan sekolah,” kata Wakil Ketua Komisi IV DPRD Pesawaran Roliansyah, Selasa (10/5)





Menurut Roliansyah , pihaknya akan menelisik dugaan ketidaksesuaian penyaluran PIP tersebut hingga meminta keterangan wali murid.

“Iya jelas itu. Ada kemungkinan (dipanggil) lain hari. Kita akan minta keterangan dari wali murid selaku penerima bantuan PIP,” sebut politisi Partai NasDem ini.

Baca Juga:   DPRD Tanggamus Setujui LKPj. Bupati Tahun 2021

Dewan juga akan menanyakan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Inspektorat Pesawaran. “Nanti kita lihat laporan dari Dinas Pendidikan, bahwa persoalan itu sudah di Inspektorat dan akan kita lihat LHP-nya. Kita akan bedah persoalan ini. Tidak ada yang ditutup-tutupi,” tegasnya.

Diketahui, sejumlah wali murid SMPN 19 Pesawaran mempertanyakan besaran bantuan Program Indonesia Pintar (PIP). Pasalnya, dana yang diterima dinilai tidak sesuai.

Berdasar Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar, untuk siswa SMP/SMP Luar Biasa/Paket B, kelas 9 menerima dana Rp375 ribu per tahun. Kemudian kelas 7 dan 8 sebesar Rp750 ribu per tahun.