Soal Eksekusi Lahan Sabah Balau, Pemprov Tunggu Putusan Pengadilan

  • Bagikan
Komisi I Menggelar RDP lanjutan terkait persoalan lahan Sukarame Baru dan Sabahbalau, Rabu (10/11). Foto Agung Budiarto/radarlampung.co.id

Radarlampung.co.id – Pemprov Lampung masih menunda eksekusi lahan di Sabah Balau, Lampung Selatan dan Sukarame, Bandarlampung, usai adanya putusan pengadilan soal gugatan yang dilayangkan masyarakat setempat.

Demikian disampaikan Asisten Pemerintah dan Kesra Setda Provinsi Lampung Qodratul Ikhwan.


“Iya tadinya kami akan mengagendakan untuk pengosongan penertiban lahan sukarame II dan Sabah Balau namun karena ada saran dari Biro hukum untuk meminta pendapat dari pengadilan karena masyarakat sedang mengajukan gugatan maka kita tunda sementara ini,” beber Qodratul.

Menurutnya, pemprov Lampung nantinya akan menjalani putusan yang akan diberikan pengadilan. Meski saat ini pihaknya tetap meyakini tanah tersebut merupakan milik Pemprov Lampung.

Baca Juga:   Gubernur Lampung Minta Apindo Tingkatkan Sinergitas

Sementara saat ditanyai soal adanya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki tanah kavling di daerah tersebut, Qodratul mengatakan hal itu memang telah sesuai dengan aturan.

“Ya kalau ASN punya kavlingan itu memang ada aturannya, di dalam Undang-undang mengenai pemanfaatan tanah yang menjadi aset pemerintah,” tambahnya.

Karena itu, keberadaan kavlingan tanah milik ASN disebut sudah melalui proses yang sesuai.

“Ya kalau ada juga masyarakat yang ingin memiliki tanah tersebut ya harus diproses dahulu sesuai Undang-undang. Yang utama ialah masyarakat tersebut harus berstatus sebagai ASN,” katanya. (rma/sur)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan