Soal PMK, Peternak Diminta Jangan Panik


ILUSTRASI/FOTO DOKUMEN RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Masyarakat, khususnya peternak sapi di Pringsewu diminta tetap tenang menyikapi penyakit mulut dan kuku (PMK). Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian setempat sedang melakukan pemantauan untuk deteksi dini dan pencegahan.

“Tidak perlu panik. Tetap tenang,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Budi Pramono mewakili Kadis Pertanian Siti Litawati.





Budi mengungkapkan, selain pemantauan, pihaknya siap jika dibutuhkan oleh masyarakat, termasuk peternak untuk memeriksa ternak. “UPT Puskeswan siap memonitoring dan membantu,” tegasnya.

Dilanjutkan, pihaknya rutin melakukan pemeriksaan kesehatan hewan. Termasuk perawatan organ reproduksi pada sapi betina yang terkadang masih belum disadari oleh peternak tradisional.

“Gangguan reproduksi ini merugikan peternak. Tapi tidak disadari,” tambah Fungsional Medik Veteriner drh. Suhartiah.

Baca Juga:   Amankan Pilkakon Serentak, Turunkan 639 Personel Gabungan

Fungsi pemeriksaan ini merupakan tindakan preventif atau pencegahan agar ternak tidak sakit. Selain gangguan reproduksi, juga perlu diwaspadai gejala cacingan.

Untuk itu perlunya peningkatan kesadaran peternak akan pentingnya pemberian obat cacing. Artinya tidak menunggu ternak sakit. (sag/ais)