Soal Sumpah Pemuda, Ini Pesan Zulhas ke Mahasiswa Unila

  • Bagikan
Zulkifli Hasan saat mengisi materi di kegiatan dialog kebangsaan di FEB Unila. Foto Ruri/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id- Mahasiswa maupun pemuda saat ini memiliki tantangan yang berbeda sesuai dengan zamannya. Di mana saat ini bukan lagi berjuang untuk kemerdekaan tetapi mengisi kemerdekaan dengan tantangan yang luar biasa.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan saat mengisi Dialog Kebangsaan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Lampung, Senin (28/10).

Di peringatan Hari Sumpah Pemuda 2019, Zulhas berpesan kepada seluruh pemuda dan mahasiswa untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan yang luar biasa di era revolusi industri ini.

“Sekarang kan tentu punya tantangan yang berbeda, zamannya berbeda dengan zaman para pendahulu kita. Kalau dulu berjuang untuk kemerdekaan, hari ini berjuang mengisi kemerdekaan dengan tantangan yang luar biasa. Dimana persaingan global, antarnegara ketat, ilmu pengetahuan berkembang dengan pesat. Oleh karena itu, saya tadi berpesan agar anak-anak muda ini betul-betul harus mempersiapkan diri dengan baik,” kata Zulhas usai mengisi materi di acara Dialog Kebangsaan.

Baca Juga:   Tingkatkan Pendapatan Perajin Rotan di Pringsewu

Ia mengatakan, untuk mengisi kemerdekaan, dan menghadapi tantangan zaman, mahasiswa diimbau untuk mempersiapkan ilmu dan mental spiritual, atau zikir dan fikir.

“Ada dua yaitu ilmu dan mental spiritualnya untuk daya tahan dan daya juangnya. Kalau separuh, baru separuh berhasil, tapi kalau kedua-duanya digabungkan tentu berhasil. Kalau dalam istilah agama itu dzikir dan fikir,” katanya.

Ia menambahkan, ketika zikir seseorang itu kuat, spiritual dan jiwanya juga akan kuat, serta memiliki ilmu yang tinggi, sehingga nantinya akan menghasilkan hikmah.

“Hikmah itu orang yang sukses, berhasil, dan mempunyai karya-karya legacy yang berguna atas masyarakat,” pungkasnya. (rur/wdi)




  • Bagikan