Soft Launching, Ini Tarif di Dermaga Eksekutif  Bakauheni

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni resmi di-soft launching atau tahap uji coba, Rabu (19/12). Tahap uji coba dermaga mewah ini pun terbilang cukup lancar. Penumpang pejalan kaki memasuki kapal melalui garbarata yang langsung menghubung area dermaga dengan kapal.

Untuk kendaraan, baik mobil dan sepeda motor tetap melalui jalur darat layaknya pelayanan di dermaga lain.  PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Bakauheni juga sudah mengeluarkan tarif tiket terpadu layanan kapal di dermaga eksekutif itu.


Untuk penumpang pejalan kaki, dibanderol dengan harga Rp50 ribu (dewasa), dan Rp34 ribu untuk anak-anak. Tiket kendaraan golongan I Rp62 ribu, golongan II Rp88 ribu, dan golongan III Rp147 ribu.

Selanjutnya, tiket golongan IV kendaraan penumpang seharga Rp579 ribu, dan kendaraan barang Rp385 ribu. Kemudian golongan V untuk kendaraan jenis bus tiketnya Rp1.109.000, kendaraan barang Rp687.000. Kemudian golongan VII Rp1.479.000, golongan VIII Rp2.181.000, dan golongan IX Rp3.394.000.

PT ASDP juga merilis jadwal keberangkatan kapal yang dilakukan setiap pukul 01.00 WIB, 03.00 WIB, 06.00 WIB, 08.00 WIB, 10.00 WIB, 12.30 WIB, 15.00 WIB, 17.30 WIB, 20.00 WIB dan 23.30 WIB. Waktu pelayanan dihitung semenjak kapal mulai meninggalkan pelabuhan hingga tiba di pelabuhan tujuan.

Baca Juga:   Masuk Objek Wisata, Pengunjung Harus Tunjukkan Kartu Vaksin

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Bakauheni Hasan Lessy membenarkan pihaknya sedang menguji coba pelayanan di dermaga eksekutif itu. Hasan juga membenarkan soal harga tiket tersebut.

Meski tarif tiket telah dirilis, Hasan mengatakan, harga yang sudah tercantum hanya sementara. Sebab dermaga tersebut masih soft launching.

“Belum ditentukan, karena ini sifatnya hanya uji coba. Setelah selesai, tarif resmi akan dirilis kembali,” katanya saat ditemui di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Rabu (19/12).

Pada kesempatan itu, Radarlampung.co.id sempat mengelilingi tiga lantai yang ada di dermaga eksekutif. Dermaga ini menyiapkan akses seperti eskalator dan lift bagi penumpang yang ingin menuju dari satu lantai ke lantai yang lainnya.

Baca Juga:   Ada Tiga Daerah di Lampung Terdeteksi Titik Panas

Untuk lantai 1 dan lantai 2 akan digunakan sebagai tempat bersantai menikmati berbagai macam kuliner. Khusus lantai 2, memiliki ruang tunggu yang memiliki puluhan kursi di tengah dan sudut ruangan. Lokasi ruang tunggu ini sangat strategis karena berdekekatan dengan garbarata yang menjadi jalur memasuki kapal.

Lantai 2 juga memiliki hiburan seperti live music. Saat ini, peralatan musik sudah dipasang dan hampir mencapai tahap penyelesaian. Kemudian di lantai 3 akan di isi hotel dan pusat perbelanjaan layaknya sebuah mal.

Lantai yang berada paling atas ini juga berisi ruangan tempat ibadah seperti musala, ruang menyusui dan ruangan bagi penderita difabel. Masih ada beberapa sisi ruangan yang masih dalam pengerjaan.

Khusus ruangan pembelian tiket pejalan kaki, PT ASDP Indones Ferr (Persero) Bakauheni menyiapkan loket pelayanan di dalam dermaga eksekutif. Sementara bagi kendaraan, pembelian tiket tetap dilakukan di luar seperti dermaga lainnya. (rnd/ais)

 

 




  • Bagikan