Soroti Jalan Rusak Exit Tol Lambu Libang Tubaba, Fauzan Sibron : Ini Wajah Provinsi Lampung !

  • Bagikan
Soroti Jalan Rusak Exit Tol Lambu Libang Tubaba, Fauzan Sibron : Ini Wajah Provinsi Lampung !
Wakil Ketua DPRD Lampung, Fauzan Sibron. Foto Dok Radar Lampung

RADARLAMPUNG.CO.ID – Wakil Ketua DPRD Lampung Fauzan Sibron menyoroti kondisi ruas jalan yang rusak di Provinsi Lampung. Salahsatunya adalah Jl. Raya SP Randu Unit 6, Kibang Budi Jaya, Lambu Kibang, Kabupaten Tulangbawang Barat. Ini merupakan akses menuju pintu tol Lambu Kibang.

Fauzan mengatakan, akan menekankan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Provinsi Lampung terkait hal ini. Seyogianya memang akses setelah Jalan Tol seharusnya memiliki kondisi kemantapan yang cukup. Sebab, di Lambu Kibang juga merupakan pintu masuk dari Sumatera Bagian Selatan ke Lampung melalui Tubaba dan sekitarnya. “Tentu yang disajikan harus rapih. Kalau akses begitu juga kan berpengaruh terhadap image, wajah provinsi Lampung. ,” ujarnya, Rabu (12/1/22).

Dia mengatakan, jika di ruas jalan tersebut sudah mantap, maka sudah barang tentu, akan mmemberi keuntungan terhadap banyak pihak khususnya para pengendara. Selain kenyamanan melintas, pun bisa mengemat cos pengeluaran. Sebab, ruas jalan tersebut juga menghubungkan tiga kabupaten yakni Tubaba, Tulangbawang, dan Waykanan. “Kawasan tersebut juga adalah kawasan strategis ekonomi termasuk pertanian.  Sehingga ketika jalur kondisinya baik, maka ekonomi dikawasan tersebut akan baik termasuk para petani,” ujarnya.

Baca Juga:   Jalan Akses Pintu Tol Kotabaru Diperbaiki

Politikus Partai NasDem ini mengatakan, ruas tersebut seharusnya sudah masuk dalam perencanaan perbaikan melalui penggunaan pinjaman PT Sarana Mukti Infrastruktur (SMI) yang totalnya mencapai Rp569 miliar. “Salahsatu uregnsitas pinjaman itu adalah perbaikan ruas jalan di Lambu Kibang itu. Jadi kita dorong secepatnya dilakukan actionnya,” ujarnya.

Dikonfirmasi, Sekretaris Dinas PUPR Provinsi Lampung M.Taufiqullah mengatakan, berjanji akan melaksanakan penanganan perbaikan terhadap ruas jalan tersebut. Di mana, perencanaan penanganan suah masuk dalam perencanaan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Lampung tahun anggaran 2022.

Baca Juga:   Usai Diskusi Dengan Ketua NasDem Lampung Mantan Bupati Tanggamus Ini Hadir di Acara DPW PAN Lampung

Namun, Taufiq menjelaskan, di dalam perencanaan, penanganan ruas jalan Raya SP Randu Unit 6, Kibang Budi Jaya, Lambu Kibang, Kabupaten Tulangbawang Barat, anggarannya bukan bersumber dari pinjaman PT SMI senilai Rp569 miliar. “Ada penanganannya namun vukan dari PT SMI. Itupun tidak semua. Fokus penanganannya tahun ini yang menuju ke arah Waykanan terlebuh dahulu, tidak full,” ujarnya. Dia menjamin akan melakukan perbaikan sesuai dengan perencanaan dan uregsitas. “Sudah yang jelas tahun ini ditangani. Nah, untuk tayang lelang secepatnya,” ujarnya. (abd/wdi)






  • Bagikan