Ssst…, Pemkab Mesuji Serius Kembangkan Potensi Ikan Jelabat

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Dinas Perikanan Mesuji berencana kembali membangkitkan keberadaan ikan Jelawat atau Jelabat di Kabupaten Mesuji.

Kepala Bidang Ikan Budidaya Dinas Perikanan Mesuji, Sean Guritno mengatakan, jika saat ini pihaknya sedang mempersiapkan diri untuk mengirimkan tenaga teknis dan beberapa Ketua Pokdakan (Kelompok Budidaya Ikan). Tujuannya untuk belajar pembenihan Jelabat ke Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Sungai Gelam, Provinsi Jambi.


“Terutama terkait pemijahan, sistem pemeliharaan, kelayakan ekosistem, juga market atau kosumsi pasarnya,” terang Sean.

Selain itu menurutnya dipilihnya BPBAT Jambi masih, karena balai benih ini sudah melakukan terobosan dengan teknologi pemijahan induce breeding yang pertama kali di Sumatera.

“Kita ingin mendalami rekayasa pembenihan hasil domestikasi melalui plasma nutfah ikan spesifik lokal asli Indonesia,” imbuh Sean.

Baca Juga:   155 Peserta Absen Tes SKD CASN Mesuji

Diberitakan sebelumnya, dalam Cofee Morning Pemprov Lampung dan Pemkab Mesuji beberapa waktu lalu, Kepala Dinas perikanan Mesuji, Rifriyanto, menyebut akan melakukan upaya budidaya ikan tersebut secara serius.

“Hasil riset menyuguhkan data bahwa, ikan jenis ini, sesungguhnya masih berpotensi untuk dikembangkan walaupun diperlukan pendalaman serius terkait upaya budidaya,” katanya.

Masih menurut Rifriyanto, hal ini dilakukan untuk menjaga keberadaan Jelabat dari kepunahan sekaligus sebagai upaya membangkitkan kembali kejayaan ikan ini sebagai ikon kebanggaan di Mesuji. (muk/wdi)




  • Bagikan