Ssst.., Waykanan Kini Punya Rumpi untuk Petani


Bupati Waykanan Haji Raden Adipati Surya memberikan bantuan sepeda motor untuk operasional para penyuluh di Waykanan pada pelaksanaan sosialisasi Rumah Pintar di aula dinas TPHP, Selasa (29/10). Foto ist

radarlampung.co.id-Bupati Waykanan Raden Adipati Surya mensosialisasikan Unit Layanan Cepat (ULC) Rumah Pintar (Rumpi) Sekaligus menyerahkan bantuan 14 unit kendaraan bermotor untuk koordinator penyuluh di 14 kecamatan.

Raden Adipati Surya menegaskan Waykanan merupakan daerah agraris. Sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian dibidang pertanian. Dan dari sektor pertanian menyumbangkan 37 % dari PDRB Kabupaten.





“Untuk menjawab dan menyelesaikan permasalahan di bidang pertanian yang sering terjadi dilapangan, memerlukan strategi dalam pelayanan untuk mendukung peningkatan produksi pertanian. Dan salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah Rumah Pintar (Rumpi), yang merupakan solusi yang digunakan sebagai media untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh petani,” katanya.

Kepala DTPHP Ir.Maulana .M.AP menerangkan Rumpi berfungsi sebagai One stop service bagi petani dalam memenuhi solusi kebutuhan terkait kegiatan budidaya pertanian. Diantaranya permodalan, saprodi, informasi teknologi, kebutuhan akan pengairan, jasa alat mesin pertanian, prosesing dan pemasaran.

” Dalam proses kegiatan Rumpi harus memiliki Unit Layanan Cepat (ULC) untuk melaksanakan kegiatan pelayanan yang cepat dan tanggap. Diharapkan kepada Tim ULC yang terdiri dari Kepala Bidang, Pokjanal, Koordinator POPT, Dokter Hewan, KTNA Kabupaten dan Brigade ALSINTAN dapat bekerja sama dengan baik, saling berkoordinasi dan menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab,” kata Maulana. (sah/wdi)