Stok Blangko E-KTP di Tanggamus Belum Aman

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO NET

radarlampung.co.id – Terbatasnya stok blangko KTP elektronik (e-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanggamus membuat pencetakan tidak maksimal. Kondisi ini sudah terjadi sejak empat bulan silam.

Kepala Disdukcapil Tanggamus Syarif Husin mengatakan, terbatasnya stok blangko tersebut berasal dari pusat. ”Kami punya stok 500, tidak sampai satu minggu. Selasa (3/9), sudah habis. Langsung terpakai untuk cetak (e-KTP) kemarin-kemarin. Jadi sampai sekarang, stok blangko belum aman,” kata Syarif, Sabtu (7/9).

Ia mengaku masalah terbatasnya stok sudah disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri dan pusat juga sudah mengetahuinya. Hal ini terjadi merata di seluruh Indonesia dan telah dibahas dengan DPR.

“Jadi masalah terbatasnya stok blangko KTP bukan kami saja yang mengalami. Tapi seluruh daerah di Indonesia,” tegasnya.

Jika stok blangko habis, Disdukcapil Tanggamus mengeluarkan surat keterangan (Suket) kependudukan. Meski begitu, pemohon tetap harus melakukan perekaman.

Sementara untuk mempermudah masyarakat, Disdukcapil menerapkan layanan satu tempat untuk semua administrasi kependudukan. ”Kami mendapatkan alat mesin nomor antrean dari pusat. Sistem antrean langsung kami rubah. Ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya. (ral/ehl/ais)




  • Bagikan