Sudah 8 KAP Kirim Profil Perusahaan ke KPU Lampung

  • Bagikan
M. TIO ALIANSYAH

RADARLAMPUNG.CO.ID – KPU Lampung menyatakan sudah ada delapan Kantor Akuntan Publik (KAP) yang mengirimkan profil perusahaan (company profile) sebagai permohonan untuk melakukan audit dana kampanye peserta pemilu 2019 tingkat Provinsi Lampung.

Komisioner KPU Lampung M. Tio Aliansyah KAP yang telah mengirimkan profil perusahaan tersebut yakni, KAP Wandestarido, KAP Muhammad Adi, KAP Zubaidi dan Komarudin, KAP Weddie Andrianto dan Muhaimin. Kemudian KAP Doli, Bambang, Sulistiyanto, Dadang dan Ali, KAP Warnoyo dan Mennix, KAP Delfi Panjaitan, KAP Tjahjo Machdjud Modopuro.

Menurut Tio, penyerahan profil perusahaan ini terkait semakin dekatnya audit laporan dana kampanye peserta pemilu oleh KAP. ”Divisi hukum dalam waktu dekat memang akan melakukan audit dana kampanye pada semua laporan dana kampanye peserta pemilu. Sampai saat ini kami sudah mulai menerima pengajuan permohonan akuntan publik dari KAP,” jelas Tio.

Mengingat Lampung kini membutuhkan sebanyak 16 KAP untuk mengadudit 16 Partai Politik (Parpol) baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Sebab, KAP tidak bisa mengaudit lebih dari satu parpol dalam satu provinsi.

Sementara, berkaca pada Pilgub Lampung 2018, hanya terdapat 2 KAP di Lampung. Yakni, KAP Zubaidi dan Komarudin, KAP Weddie Andrianto dan Muhaimin. Dengan demikian artinya, KPU Lampung harus mencari 14 KAP lainnya.

“Kan KAP tidak boleh mengaduit lebih dari 1 partai politik. Jadi kalau dia sudah mengaudit 1 parpol, mereka juga akan mengaudit parpol tersebut di 15 kabupaten/kota se-Lampung. KAP boleh mengaudit lebih dari 1 parpol, namun harus di Provinsi yang berbeda,” tandasnya.

KAP sendiri nantinya akan mengaudit 3 laporan dana kampanye mulai dari Laporan Awal dana kampanye (LADK), Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK), dan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK ). (rma/kyd)




  • Bagikan